Pemerintah minta produk UMKM jadi prioritas belanja barang kementerian/lembaga

Selasa, 11 Februari 2020 | 17:34 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah terus mendorong pengembangan sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM). Hal itu tertuang dalam Surat Sekretariat Kabinet Republik Indonesia tentang arahan Presiden RI terkait pemberdayaan UMKM.

Surat tertanggal 10 Februari 2020 dan diteken Sekretaris Kabinet Pramono Anung tersebut berisi tiga hal penting terkait pemberdayaan UMKM.

Yang pertama adalah arahan Kementerian dan Lembaga untuk memprioritaskan pembelian produk UMKM dalam belanja barang di masing-masing kementerian dan lembaga.

Kedua, ada tugas tambahan bagi Menteri BUMN untuk bisa lebih berperan aktif dalam pengembangan UMKM. Caranya adalah dengan membeli produk UMKM dan menyisihkan keuntungan bagi pengembangan UMKM.

Ketiga adalah arahan bagi Kepala LKPP agar menyiapkan produk UMKM untuk masuk dalam e-catalog. LKPP disarankan untuk memprioritaskan tayangan produk UMKM di e-catalog.

Supaya jalan, Sekretaris Kabinet nantinya bakal meminta laporan dari masing-masing kementerian dan lembaga terkait program pemberdayaan UMKM tersebut. kbc10

Bagikan artikel ini: