Djoerig Salawe, film bergenre horor berpadu komedi siap tayang 26 Maret

Kamis, 13 Februari 2020 | 19:32 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Penikmat film di Tanah Air siap-siap mendapatkan tayangan layar lebar yang mengangkat kisah perjudian tahun 1970-1980 dengan berbalut mistis dan komedi, Djoerig Salawe.

Djoerig Salawe merupakan film kelima MBK Pictures. Ceritanya sangat unik dan merupakan kejadian nyata yang dialami oleh salah satu tokoh dalam film ini.

Djoerig Salawe juga menjadi film komedi horor yang didukung bintang-bintang komedi dan stand-up populer.

Jurig juga adalah memedi atau setan secara umum. Penampakannya bisa juga berupa pocong. Di daerah lain ada yang menyebut kuntilanak, kuyang, wewe gombel, leak, jenglot, genderuwo dan lain sebagainya.

Semua makhluk halus ini disebut ‘jurig’. Semua wujud memedi atau setan ini, warga Sunda menyebutnya Jurig. Sementara kata ‘Salawe’ berarti ‘duapuluh lima’ atau ‘dua lima’.

Sejumlah nama beken ada di film ini, diantaranya Joe P Project, Fico Fahreza, Aming, Ben Kasyafani, Nadine Alexandra, Anyun, Babe Cabita, Dimas Andrean, Gabriella Desta, Inggrid Widjanarko, Mongol dan Candil.

"Kami coba menyuguhkan adegan yang mencekam dan disisipkan nuansa komedi.Selama ini film horor kan mendebarkan dan brutal. Sekarang penonton mendapat tontonan horor kombinasi komedi," ujar Sahrul Gibran, sang sutradara melalui keterangan tertulisnya, Kamis (13/2/2020).

Film Djoerig menawarkan kelucuan, komikal maupun slapstick, plus adegan-adegan penuh ketegangan dan mengejutkan. Beberapa adegan bahkan merupakan set-piece jump-scare yang akan mengagetkan penonton. Beberapa adegan bakal mampu membuat penonton tercekat di kursinya.

Djoerig Salawe menjadi film horor yang sangat menghibur dengan segala kelucuan para bintang komedi yang terlibat. Sebut saja peran lurah yang dimainkan Joe P Project, Anyun maupun Aming. Belum lagi kelucuan Fico Fachreza, Mongol maupun Babe Cabita. Bintang-bintang jelita seperti Nadine Alexandra, Mega Carefansa, Gabriella Desta.

Djoerig Salawe juga menarik karena film diproduksi berdasarkan peristiwa yang pernah terjadi. Kejadian nyata ini dialami salah satu tokoh yang ikut bermain di film ini. Peristiwa yang berbau supranatural ini sangat unik dan menarik. Sangat lekat dengan budaya-budaya masyarakat yang suka datang ke dukun, yang masih mempercayai peristiwa-peristiwa mistis. Bermain togel (toto gelap), bermain tebakan angka, sangat populer pada masanya.

Nah, di Djoerig Salawe, permainan angka didapat dari komunikasi dengan makhluk halus. Awalnya ada rasa tidak percaya. Tapi dari penuturan sang tokoh bahwa bisa memenangkan permainan angka berkali-kali, sulit rasanya tidak percaya. Dan komunikasi dengan jurig (makhluk halus) rasanya juga bukan keniscayaan. Atas dasar kisah nyata ini Djoerig Salawe diproduksi!

Djoerig Salawe tak hanya menjadi film komedi horor yang menghibur. Ada moral story yang bisa disaksikan melalui film ini. Kekayaan atau harta yang didapat lewat cara-cara tidak wajar akan berakhir dengan cara tidak wajar pula. Kisah tokoh yang mengalami peristiwa nyata ini pun mengalami hal buruk dalam perjalanan hidupnya.

Bagaimana kisah selengkapnya? Nantikan film yang tayang di bioskop Tanah Air mulai 26 Maret 2020 mendatang. kbc7

Bagikan artikel ini: