Sebut beras petani, BULOG siap ekspor 100 ton ke Arab Saudi

Senin, 17 Februari 2020 | 20:57 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perum BULOG siap mengekspor beras ke Arab Saudi pada pekan ini. Untuk tahap awal Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan mengekspor beras sebesar 100 ton.

"Izinnya baru bisa 5 kontainer. Kurang lebih 20 ton dalam 5 kontainer," ujar Dirut Perum BULOG Budi Waseso usai rakor pangan di Jakarta, Senin (17/2/2020).

Sebelumnya, BULOG mengutarakan rencananya beras tersebut merupakan beras kemasan 250 gram. beras tersebut akan digunakan untuk konsumsi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi. Selain itu, beras juga akan dijual untuk WNI yang melaksanakan ibadah umroh atau haji.

Kendati begitu dia mengaku tidak menutup kemungkinan peluang mengekspor beras dengan ukuran 1 kilogram (kg). Hanya saja, hal tersebut masih dalam kajian internalnya. "Ada beberapa hal yang saya jajaki," terang Buwas begitu biasa disapa.

Buwas menambahkan ekspor beras ini dilakukan atas permintaan dari Arab Saudi. Mereka telah berkunjung langsung melihat mutu beras di gudang BULOG. Buwas berharap ekspor beras dapat ditingkatkan ke ukuran kemasan yang lebih besar, yaitu 5-10 kg atau lebih.

Mantan Kabareskrim Polri ini pun memastikan beras yang diekspor merupakan beras lokal pengadaan petani . Beras yang digunakan berasal dari stok beras komersial hingga awal Februari 2020. Saat ini simpanan beras jenis di gudang Bulog mencapai 121,16 ribu ton. Rencana ekspor beras sebelumnya sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo. lbc11

Bagikan artikel ini: