Pasar lesu, penjualan Honda justru bertumbuh di awal tahun

Rabu, 19 Februari 2020 | 09:29 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Di tengah masih lesunya pasar otomotif di Tanah Air, PT Honda Prospect Motor (HPM) mampu membukukan peningkatan penjualan signifikan pada Januari 2020 ini.

Secara umum, volume penjualan domestik mobil di bulan pertama tahun ini mencapai 79,983 unit atau turun 2,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu 81.988 unit.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy menuturkan, menilai kondisi pasar di awal tahun dipengaruhi beberapa hal, salah satunya musibah banjir yang terjadi di berbagai daerah.

Kondisi tersebut diakui Yusak mengganggu proses bisnis di beberapa diler. "Walau begitu pertumbuhan pasar terutama di luar Jawa memberikan kontribusi yang positif terhadap pertumbuhan pasar secara umum," ungkapnya, Selasa (18/2/2020).

Pertumbuhan tersebut dipengaruhi oleh pembangunan infrastruktur yang pesat di daerah luar Jawa dan perkembangan ekonomi yang cukup stabil. Berkaca pada situasi tersebut, penjualan HPM dapat tetap bertumbuh di Januari 2020 menjadi 12.777 unit.

Jumlah tersebut naik dobel digit dibandingkan bulan yang sama tahun lalu 10.064 unit. Adapun kondisi pasar setelah ini masih sulit ditebak, Yusak mengatakan perusahaannya tetap berusaha mempertahankan perolehan pangsa pasar yang sama seperti tahun lalu.

Strategi yang diusung HPM untuk memenangkan pasar mulai dari penguatan layanan purna jual hingga refreshment product di tahun ini. Di awal tahun model mobil Low Cost Green Car (LCGC) Honda Brio Satya masih mendominasi penjualan HPM sebanyak 4.348 unit.

Mobil LCGC milih Honda tersebut mengantongi pangsa pasar 25% dari total pasar LCGC pada Januari 2020 yang sebanyak 17.056 unit. Penjualan segmen mobil LCGC di bulan pertama tahun ini mengalami pertumbuhan tipis di bawah 1% dari Januari tahun lalu 16.962 unit. kbc10

Bagikan artikel ini: