Janji kembali pangkas bunga KPR, ini strategi BTN

Rabu, 19 Februari 2020 | 10:07 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bank Tabungan Negara (BTN) berkomitmen untuk memberikan layanan maksimal untuk produk kredit pemilikan rumah (KPR) yang menjadi andalan selama ini. Salah satunya dengan terus memangkas suku bunga.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN), Pahala N Mansury mengatakan, pihaknya telah menurunkan suku bunga KPR 15 basis poin (bps) pada Januari lalu. Perseroan berjanji akan terus menurunkan suku bunga hingga akhir tahun.

Salah satu faktor pendukungnya ialah fokus perseroan dalam menggenjot dana murah. "Kita punya inisiatif target kita adalah rasio dana murah akhir tahun mencapai 45 persen," ujar Pahala di Jakarta, Senin (17/2/2020).

Pahala melanjutkan, perseroan menargetkan dana pihak ketiga pada 2020 dapat tumbuh 15 persen. Sementara, dana deposito bisa bertumbuh 6 persen hingga 8 persen.

"Kita harapkan ini juga akan berpengaruh pada rasio dana murah dan juga cost of fund yang ada di bank BTN. Kalau cost of fund murah tentunya (bunga) pembiayaan kredit kita pun bisa kita turunkan," tuturnya.

Pahala menambahkan, bunga KPR rendah juga telah ditawarkan perseroan melalui sejumlah program. Seperti contohnya BTN Solusi.

"Kalau mereka taruh tabungan mereka melalui payroll di bank BTN, kita bisa berikan pinjaman KPR sebesar 6,99 persen. Ini salah satu yang paling agresif saat ini untuk menarik nasabah kita," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: