Jumlah wirausaha Indonesia ditargetkan 4 persen pada 2030

Rabu, 19 Februari 2020 | 17:43 WIB ET

TANGERANG, kabarbisnis.com: Pemerintah terus mendorong pengembangan wirausaha baru di Tanah Air. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bahkan menargetkan ada sebanyak 4 persen dari total penduduk RI berwirausaha.

"Kita kejar supaya jumlah wirausahanya lebih dari jumlah sekarang. Kita harus mencapai empat persen wirausaha dari jumlah penduduk," ujar Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih di Tangerang, Selasa (18/2/2020).

Saat ini, jumlah wirausahawan di Tanah Air baru sekitar tiga persen dari total populasi penduduknya. Maka diperlukan waktu panjang demi mencapai target. "Untuk capai tiga persen itu aja sudah dari lama sekali," kata Gati.

Sekadar diketahui, Indonesia memerlukan, setidaknya empat juta wirausaha baru agar dapat mendorong penguatan ekonomi. "Kewirausahaan menjadi hal sangat penting bagu suatu negara," tegasnya.

Berdasarkan data Global Enterpreneurship Index 2018, dari 137 negara, Indonesia berada di peringkat 94 dalam hal kewirausahaan. Posisi tersebut masih tertinggal dibandingkan beberapa negara di Asia Tenggara lainnya. Sebab, Vietnam berada di urutan ke 87, Filipina di posisi 76, Thailand di 71, Malaysia peringkat 58, Brunei Darussalam di 53, serta Singapuran berada di urutan ke 27.

"Wirausaha memegang peranan penting dalam menyokong pertumbuhan ekonomi nasional. Mulai dari menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan nasional, menciptakan nilai tambah barang dan jasa, mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial, serta terciptanya masyarakat adil Makmur," tutur Gati. kbc10

Bagikan artikel ini: