Jadi tren, segini cuan yang bisa diraup seleb TikTok

Selasa, 25 Februari 2020 | 15:16 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Digital mulai menjadi ladang meraup duit dari masyarakat. Jika selama kita hanya mengenal platform YouTube, juga media sosial seperti Instagram sebagai media memburu cuan, belakangan, ada lagi platform baru yang menarik perhatian para konten kreator untuk mendapatkan uang, yakni TikTok.

TikTok awalnya adalah aplikasi untuk bersenang-senang yang memungkinkan pengguna membuat video dengan musik dan berbagai tantangan menari. Namun sekarang sudah mulai banyak yang melek untuk cari uang melalui TikTok.

Dikutip dari Ubergizmo, para pengamat media sosial memperkirakan sejumlah bintang TikTok yang viral bisa dihargai US$973 ribu (sekitar Rp 13,5 miliar) per postingan yang mereka buat. Salah satu yang mereka prediksi contohnya adalah Aashika Bhatia, aktris Bollywood berusia 19 tahun yang saat ini punya 14 juta follower.

Dengan mendapat puluhan ribu follower baru setiap harinya, akun @aashikabhatia diprediksi melesat cepat menjadi yang terpopuler di TikTok dengan 194 juta follower. Firma riset Morning Consult memperkirakan, para seleb TikTok populer dibayar US$0,005 per postingan bersponsor, dan bintang seperti Bhatia bisa mengenakan biaya US$973 ribu per postingan jika akunnya mencapai 194 juta follower.

Hitung-hitungan kasar ini memang terkesan sulit dipahami. Namun Strategy Partner di agensi marketing Digital UK James Whatley mengatakan prediksi ini sebenarnya tidak mengherankan karena sudah ada banyak contoh sebelumnya di platform lain.

"Saya bisa benar-benar percaya angka tersebut jika Anda melihat berapa banyak uang yang dihabiskan di Instagram. TikTok platform baru yang sedang tren dan mulai banyak orang melempar uang ke sana," ujarnya.

"Cara paling cepat untuk mendapat perhatian di TikTok adalah dengan memilih influencer nomor satu di TikTok untuk mempromosikan barang Anda," imbuhnya. kbc10

Bagikan artikel ini: