Banjir Jakarta surut, gardu listrik kembali dioperasikan

Rabu, 26 Februari 2020 | 13:24 WIB ET

JAKARTA - Sebanyak 576 gardu distribusi yang semula dipadamkan imbas dari banjir di beberapa wilayah DKI Jakarta kini sudah beroperasi normal. Akibatnya, warga di sejumlah daerah tersebut bisa menikmati akses listrik seperti semula.

"Dari laporan Perusahaan Listrik Negara (PLN) hingga pukul 17.30 WIB, ada 1.136 gardu di Jakarta dan Tangerang yang terdampak banjir. 576 sudah kembali nyala dan 560 masih dipadamkan," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi di Jakarta, Selasa (25/2).

Keputusan pemadaman, lanjut Agung, diambil oleh PLN demi mengutamakan keselamatan warga dari bahaya terjadinya hubungan arus pendek (korsleting) listrik. "Kami mohon maaf bila tidak ditangani segera ini bisa membahayakan keselamatan warga," tegasnya.

Adapun wilayah yang terdampak antara lain:

Bekasi dan Jakarta Timur

Bintara, Taman Pulogebang, Jl.Raya Bekasi, Pulonangka, Balap Sepeda Rawamangun, Jl. Kayuputih, Perum.Pulomas, Jl.Anugrah Raya Jatiwaringin, Jl. Pelita Lubang Buaya, Perum Artha Kencana, Jati Bening, Jatiwaringin, Jati Kramat, Jatimakmur, Jalan H. Sulaiman, Jl. Gebang Sari, Bambu Apus, Jl. Kampung Jati Tanah Merdeka, Kp. Dukuh, Penggilingan Baru, Komplek Bhp, Dukuh V, Dukuh Iii, Kp. Lembur, Kp. Pulo Dalam, Squadron Halim, Komp. Dwikora Halim, Trikora Halim, Tipala, Raya Pondok Gede, Kebon Pala, Permata, Usman Harun, Perindustrian

Jakarta Pusat

Cempaka Putih, Pulo Ayang, Jl.Rawa Sumur, Jl. Percetakan Negara, Jl. Mulia Raya, Jl. Sumur Batu Raya, Jl. Letjend. Suprapto, Jl. Sudiro, Jl. Rawa Gelam, , Jl Pemuda, Pangkalan Asem, Rawai Selatan, Gunung Sahari, Jl. Apron, Jl. Bungur Besar, Jl. Cikini Raya, Kramat Sentiong, Jl. Danau Aksen Benhil

Jakarta Utara

Muara Baru Raya, Pakin Raya, Rusun Dakota Dsk. Pademangan, Kampung Gusti, Luar Batang Dsk. Jl. Teluk Gong, Kartini Raya, Jl. Jembatan 3, Jl.Perintis Kemerdekaan, Dan Sekitarnya

Jakarta Barat

Daan Mogot, Jl. Pembangunan 1, Perumahan Green Garden, Kedaung Kali Angke Cengkareng, Rawa Buaya, Pasar Kemiri, Kebon Besar, Jl. Adhi Karya, Kedoya Selatan, Dsk, L. Kemanggisan, Pasar Slipi Jaya, Jl. Anggrek Neli Murni, Jl. Joglo Baru, Jl. Wana Mulya, Dan Sekitarnya

Jakarta Selatan

Jl. Pejaten Barat Ii, Jl. Gatot Subroto, Mampang, Jl.Madrasah, Jl.Bakti, Jl.Rengas, Ciniru, Jl Senopati Raya, Jl Kemang Raya, Jl Taman Kenangan Raya, Jl Prapanca Bawah, Jl Kemang Selatan.

Tangerang Dan Tangerang Selatan

Jl. Halim Perdana Kusuma, Perum Cileduk Indah

Sementara itu, Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN, I Made Suprateka mengimbau kepada masyarakat di wilayahnya terdampak banjir untuk matikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB).

Selanjutnya, warga diminta mencabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak, dan menaikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman. Apabila wilayah terdampak banjir masih teraliri listrik, Made juga mengimbau masyarakat segera hubungi kontak pusat PLN 123, aplikasi PLN Mobile atau ke kantor PLN terdekat meminta untuk dipadamkan.

Ketika banjir sudah surut, sambung Made, PLN tidak bisa sontak menyalakan listrik kembali. Petugas harus memastikan bahwa gardu listrik, jaringan, dan instalasi pelanggan aman.

"Sebelum menyalakan listrik di rumah, warga juga harus berhati-hati, pastikan peralatan listrik di rumah sudah bersih dan kering sebelum digunakan, karena ini juga berpotensi menyebabkan tersetrum," tutup Made dalam keterangan persnya.

Saat ini, PLN akan terus menyisir wilayah yang sudah surut dan instalasi listrik di rumah warga aman dialiri listrik terutama di wilayah Jakarta Raya.

"Bagi wilayah yang sudah surut tetapi listrik belum nyala, bisa jadi wilayah tersebut dipasok dari gardu yang sama dengan wilayah yang masih banjir, mohon pengertian dan kesabarannya demi keselamatan," kata Ikhsan Asaad General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya. kbc10

Bagikan artikel ini: