Marubeni beli 5% saham Siloam

Rabu, 26 Februari 2020 | 14:15 WIB ET
(istimewa)
(istimewa)

JAKARTA - Marubeni Corporation (Marubeni) dan PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), mengumumkan kemitraan strategis untuk ekspansi ke sektor layanan kesehatan di Indonesia.

Kemitraan ini termasuk akuisisi sekitar 5 persen saham PT Siloam International Hospitals Tbk (Siloam), operator rumah sakit terkemuka di Indonesia oleh Marubeni.

Akuisisi saham Siloam oleh Marubeni berasal dari pemegang saham minoritas, sehingga kepemilikan Lippo Karawaci di Siloam tetap tidak berubah.

Selain itu, dilakukan pula penandatanganan nota kesepahaman dalam rangka untuk mengejar peluang bisnis di sektor layanan kesehatan di Indonesia beserta infrastrukturnya, termasuk investasi di farmasi, laboratorium dan industri lainnya yang terkait dengan layanan kesehatan.

Chief Operating Officer dari Divisi Bisnis Next Generation Marubeni, Masayuki Omoto, mengatakan, pihaknya merasa senang dapat meningkatkan kehadiran perusahaan di Indonesia dan berharap untuk kemitraan jangka panjang dengan Lippo dan Siloam.

"Kami sangat senang dapat berperan serta dalam menumbuhkan dan meningkatkan sektor layanan kesehatan di Indonesia," kata Masayuki Omoto.

Marubeni merupakan konglomerat bisnis perdagangan dan investasi yang terintegrasi dan terkemuka di Jepang. Pada bulan April 2019, Marubeni mendirikan Divisi Pengembangan Bisnis Next Generation dengan misi mengejar model bisnis baru yang dapat memberikan solusi atas masalah-masalah sosial, dan meningkatkan nilai korporasi dalam jangka panjang menuju tahun 2030.

"Investasi di Siloam dan kemitraan strategis dengan LPKR merupakan landasan bagi ekspansi Marubeni ke dalam sektor layanan kesehatan dan infrastrukturnya di Indonesia," kata Masayuki Omoto.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Lippo Karawaci, John Riady, mengatakan, layanan kesehatan dan Siloam merupakan bisnis inti perseroan. Kemitraan ini memvalidasi posisi Siloam sebagai pemimpin pasar dalam sektor layanan kesehatan yang paling menarik, kurang terlayani serta paling cepat berkembang secara global.

"Kami menyambut baik kemitraan dengan Marubeni. Kami berharap, dapat terus mengembangkan bisnis serta meningkatkan layanan kesehatan untuk semua orang Indonesia," kata John Riady.

Siloam didirikan pada tahun 1996 dan merupakan operator rumah sakit swasta terbesar di Indonesia dengan lebih dari 13.000 dokter dan perawat, 36 rumah sakit, dan 7.557 tempat tidur di seluruh Indonesia. kbc9

Bagikan artikel ini: