Menhub Budi tenangkan jemaah Umrah gagal berangkat

Jum'at, 28 Februari 2020 | 12:06 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Keputusan Pemerintah Arab Saudi yang menangguhkan sementara kedatangan jemaah umrah maupun peziarah dari luar negaranya, termasuk Indonesia membuat Kementerian Perhubungan melakukan pemantauan swcara optimal.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bahkan lanhsung blusukan ke Bandara Soekarno Hatta (Soetta) untuk memantau penumpukan calon jemaah umrah yang gagal terbang ke Arab Saudi.

"Saya akan cek bandara, tentu kita akan memberikan ketenangan kepada mereka," kata di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Kamis (27/2/2020).

Sejak pagi dirinya sudah menyampaikan kepada operator bandara untuk menginformasikan jemaah umrah agar tidak datang ke bandara. Namun sudah ada yang terlanjur datang.

"Tapi jemaah kan terlanjur jalan sehingga mereka ada di sana, saya akan ke sana untuk bertemu mereka," tambahnya.

Sebelumnya diinformasikan oleh pihak biro penyelenggara perjalanan umrah bahwa jemaah umrah tertahan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.

Sekadar informasi, Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk menangguhkan sementara kedatangan jemaah umrah dari luar negaranya. Hal itu diungkapkan pihak Kementerian Luar Negeri Arab Saudi pada Kamis waktu setempat.

Mengutip SPA, Kamis (27/2/2020), keputusan penangguhan sementara sebagai upaya pemerintah Arab Saudi mencegah penyebaran virus corona. Penangguhan itu pun atas rekomendasi Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Penangguhan ini berlaku untuk semua negara termasuk Indonesia. kbc10

Bagikan artikel ini: