Astra International siapkan capex Rp24 triliun, ini peruntukannya

Minggu, 1 Maret 2020 | 09:23 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Astra International Tbk (ASII) menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) untuk tahun 2020 ini. Jumlah ini kurang lebih sama dengan alokasi pada tahun 2019.

Head of Investor Relations Astra International Tira Ardianti mengatakan, ASII menganggarkan belanja modal sebesar Rp 24 triliun pada 2019. Nah, untuk tahun ini ASII mengalokasikan jumlah belanja modal yang sama.

Capex pada tahun 2020 bakal diserap oleh anak-anak perusahaan seperti PT United Tractors Tbk (UNTR), kemudian juga dikucurkan untuk PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), dan anak usaha lainnya.

"Namun, rencana belanja modal ini bisa berubah jika ada tawaran investasi lain yang lebih menarik," katanya, Jumat (28/2/2020).

Sumber pendanaan belanja modal ASII diperoleh dari kas internal. Sementara itu, ASII memasang pertumbuhan konservatif pada 2020.

Ia mengaku, situasi pada tahun ini tidak mudah lantaran kondisi ekonomi akan makin tertekan dengan penyebaran virus corona.

"Jika China terpengaruh, pastilah banyak negara di dunia terpengaruh, termasuk Indonesia. Saat ini dampaknya sudah mulai terasa di Indonesia," tambahnya.

Meski demikian, Tira menambahkan, perusahaan ini bakal mengoptimalkan kinerja untuk melewati situasi tersebut. "Kami yakin, begitu terjadi pemulihan ekonomi, Astra akan bisa mengambil manfaat dari momentum pemulihan," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: