Amankan pasokan jelang Ramadan, pemerintah buka keran impor gula dan bawang putih

Rabu, 4 Maret 2020 | 08:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali membuka keran impor gula kristal mentah (GKM) dan bawang putih. Langkah ini dilakukan guna menjaga pasokan komoditas ini hingga Mei 2020 atau menjelang Ramadan dan Lebaran.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, pihaknya telah menerbitkan izin impor GKM sebagai bahan baku gula kristal putih (GKP) untuk konsumsi. Izin impor yang telah diterbitkan sebanyak 438.800 ton yang dapat memenuhi kebutuhan hingga Mei 2020.

"Gula telah kita terbitkan sampai saat ini adalah 438.800 ton, memang memerlukan proses sudah ada implementasinya dalam waktu beberapa hari ke depan. Akan diselesaikan," kata Agus, Selasa (3/3/2020).

Meski begitu, Agus enggan merinci siapa saja perusahaan yang mengajukan izin impor. Yang jelas, Ia menyebutkan, izin impor itu diberikan kepada BUMN dan juga swasta. "Ada beberapa perusahaan. Semuanya dilibatkan, ada swasta, ada BUMN," terang dia.

Selain itu, Kementerian Perdagangan juga telah menerbitkan surat persetujuan impor komoditas bawang putih sebanyak 25.829 ton.

Dia bilang, penerbitan izin impor dilakukan guna menjamin pasokan setidaknya hingga Mei mendatang. kbc10

Bagikan artikel ini: