Menperin siapkan diskon tarif listrik untuk industri

Kamis, 5 Maret 2020 | 10:43 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah terus berupaya untuk menggerakkan sektor riil dengan menyuntikkan sejumlah insentif. Langkah ini guna menjaga pertumbuhan ekonomi nasional tak terjerembab akibat dampak mewabahnya virus corona.

Kali ini, Kementerian Perindustrian mewacanakan untuk memberikan kemudahan pada industri. Salah satunya memberikan diskon tarif pada industri.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi dengan PT PLN (Persero) untuk memberikan diskon tarif listrik untuk industri atau pabrik di waktu tertentu. Hal ini dikarenakan sektor industri ikut terdampak dari berjangkitnya virus corona atau covid-19.

"Saya sudah bicara kepada PLN agar PLN memberikan diskon kepada industri pada jam-jam tertentu," ujar Agus di  Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Dia merinci, diskon tersebut berlaku untuk perusahaan yang proses produksinya memakan waktu hingga 24 jam. Sebagai contoh, diskon tarif bisa diterapkan pukul 21.00 atau 22.00 WIB sampai 05.00 atau 06.00 WIB. "Jadi jam-jam di mana industri yang melakukan proses produksinya 24 jam," jelasnya.

Dia pun menambahkan pemberian subsidi tarif listrik tersebut masih terus dibahas dan sudah mendapat tanggapan positif dari PLN. "Itu sedang dihitung, tapi policy-nya sudah ada. Di mana industri yang melakukan produksi 24 jam dia akan diberikan diskon pada jam tertentu. Jam 9 atau 10 malam sampai jam 5 atau 6 pagi. Itu akan ada diskon, very soon," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: