Menko Luhut bilang, pemerintah bakal tambah trayek tol laut menjadi 26

Kamis, 5 Maret 2020 | 19:35 WIB ET

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut B. Pandjaitan menyampaikan, tol laut dirasakan sangat banyak manfaatnya sehingga trayeknya akan ditambah jadi 26.

”Kemudian yang kedua akan diberikan tax allowance, tax holiday lebih panjang kepada industri-industri yang dibangun di Indonesia timur untuk memenuhi kebutuhan Indonesia timur. Sehingga bisa jangan terlalu banyak dari Jawa diangkut ke sana lagi karena cost,” kata Menko Marves saat memberikan keterangan pers kepada wartawan usai mengikuti Rapat Terbatas (ratas) terkait Akselerasi Tol Laut di Kantor Presiden, Provinsi DKI Jakarta, Kamis (5/3).

Menko Luhut menyampaikan bahwa Presiden sudah memutuskan tax allowance sama tax holiday akan diberikan tadi kepada industri-industri yang dibangun di Indonesia timur.

”Sehingga dengan demikian mengurangi juga pengiriman barang dari Indonesia barat. Tahun ini subsidi untuk itu dikeluarkan kira-kira Rp400-an miliar untuk memberikan subsidi tadi,” ujarnya.

Menurut Menko Luhut, subsidinya ini tidak hanya dari port ke port tapi juga sampai kepada penerima. ”Nah yang ketiga, yang keempat, nanti yang menjadi agen melakukan distribusi barang ini tidak hanya satu, kita paling tidak 2 atau 3, sehingga dengan demikian tidak ada nanti monopoli oleh satu perusahaan,” pungkas Luhut. kbc3

Bagikan artikel ini: