1 Miliar smartphone Android terancam dibobol, ini rincian tipenya

Senin, 9 Maret 2020 | 09:08 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Lembaga konsumen di Inggris, Which? menyebut jika saat ini lebih dari 1 miliar smartphone Android yang tersebar di belahan dunia terancam dibobol karena tak didukung dengan update keamanan terbaru.

Kerentanan tersebut dialamatkan kepada ponsel Android yang dirilis pada 2012 atau sebelumnya. Asal tahu saja, pada 2019, Google diketahui menyetop pembaruan keamanan untuk OS Android versi 7 ke bawah.

Berdasarkan data Google sendiri, saat ini pengguna ponsel dengan OS Android 7 ke bawah jumlahnya masih terbilang besar, mencapai 42,1%. Berarti menghitung total smartphone Android, ada sekitar 1 miliar ponsel robot hijau yang terancam.

Sebagaimana dikutip dari BBC, Minggu (8/3/2020) ancaman yang akan dirasakan pengguna ponsel tersebut, seperti pencurian data, meminta tebusan uang, sampai berupa serangan malware.

Which? lantas menguraikan ponsel-ponsel yang menjadi ancaman hacker ini, di antaranya tipe Motorola X, Galaxy A5, Galaxy S6, Xperia Z2, hingga Nexus 5.

Editor majalah Which?, Kate Bevan mengatakan bahwa sangat mengkhawatirkan perangkat Android yang mahal memiliki umur yang pendek karena tak lagi mendapat dukungan keamanan. Hal tersebut menyebabkan jutaan pengguna berisiko jadi korban peretasan.

"Google dan manufaktur ponsel harus berada paling depan soal uodate sekuriti, dengan informasi jelas seberapa lama akan berakhir dan apa yang harus dilakukan konsumen ketika itu terjadi," cetusnya.

Di sisi lain, Google merespon laporan ini dan mengatakan kalau raksasa asal Mountain View, AS, itu tetap memberikan dukungan pembaruan keamanan kepada ponsel berbasis Android.

"Kami berdedikasi untuk meningkatkan keamanan untuk perangkat Android setiap hari. Kami menyediakan pembaruan keamanan dengan perbaikan bug dan perlindungan lainnya setiap bulan, dan terus bekerja dengan mitra perangkat keras dan operator untuk memastikan bahwa pengguna Android aman," ujar Google kepada Zdnet.

Bagaimana mengecek ponsel Anda terdampak atau tidak? Jika kebetulan masih memakai Android 7.0 Nougat versi awal, cek apakah masih bisa update dengan cara mengakses Settings> System>Advanced System update.

Jika tidak bisa, berarti ponsel berisiko kena hack, apalagi jika masih menjalankan Android 4 ke bawah. Berhati-hatilah mengunduh dari sumber selain Play Store. Lalu curigai SMS dan MMS mencurigakan. Simpan data di berbagai tempat seperti cloud dan pasang anti virus mumpuni. kbc10

Bagikan artikel ini: