Menteri Teten sebut virus korona jadi peluang UMKM lokal

Senin, 9 Maret 2020 | 09:55 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Mewabahnya virus korona (Covid-19) memang mulai mengganggu perekonomian global. Namun kondisi ini justru dinilai menjadi momentum bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Ini orona kan opportunity (kesempatan) bagi UMKM kita, agar bisa memproduksi barang yang konsumen inginkan," kata Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki di Komplek Gedung Sate, Bandung, Minggu (8/3/2020).

Dia optimis wabah virus korona yang tengah melanda berbagai negara, termasuk Indonesia akan berdampak kecil bagi pelaku usaha UMKM nasional. Karena telah teruji ketahanannya dalam menghadapi berbagai isu ekonomi dari mulai tingkat nasional hingga global.

Akan tetapi, menurutnya kekhawatiran oleh dampak dari wabah virus korona terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, lebih terhadap kegiatan aktifivitas produksi suatu perusahaan yang terancam terhenti.

Dalam kesempatan itu, justru Teten Masduki mengungkapkan, permasalahan UMKM sebenarnya disebabkan oleh faktor perencanaan dan kebijakan yang kurang jelas, sehingga banyak UMKM yang kesulitan untuk naik kelas.

Untuk itu, kementeriannya mengklaim tengah menyiapkan sejumlah paket kebijakan agar dapat memacu kinerja sektor UMKM Indonesia semakin kompetitif dan lebih mandiri.

Namun, dirinya belum bersedia membocorkan isi paket kebijkan yang di maksud lebih lanjut. "Dinamika ekonomi indonesia itu digerakan oleh yg kecil kecil itu, jadi jangan salah desain lagi ekonomi ke depannya," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: