Gudang Garam rogoh kocek Rp9 triliun bangun bandara Kediri

Selasa, 10 Maret 2020 | 23:49 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Gudang Garam Tbk memastikan untuk mengalokasikan dana sebesar Rp 9 triliun untuk pembangunan Bandara Dhoho di Kediri, Jawa Timur.

Hal tersebut terungkap saat penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara PT Gudang Garam Tbk dengan PT Angkasa Pura I (Persero) di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

"Nilai investasi tadinya Rp 1 triliun-Rp 10 triliun. Tapi sekarang kita melihat bisa di Rp 6-9 triliun," ujar Direktur PT Gudang Garam Tbk Istata T Siddharta, Selasa (10/3/2020).

Istata menambahkan, dana tersebut berasal dari kas internal perusahaannya. Investasi yang dikucurkan tersebut untuk pembangunan bandara dan termasuk pembebasan lahannya.

"Soal pembebasan lahan sudah akan 100 persen. Karena kita didukung penuh oleh pemerintah dan bandara Kediri merupakan salah satu program strategis nasional. Jadi kelihatnnya, dari masyarakat setempat pun sangat membantu. Dan praktis sudah hampir tuntas," kata dia.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi menargetkan pembangunan bandara ini bisa rampung dalam kurun waktu dua tahun.

"Semoga bisa kita selesiakan dalam 2 tahun dengan groundbreaking 15 April 2020," kata Fahmi.

Pada tahap awal, Bandara Dhoho Kediri direncanakan akan dibangun seluas 13.558 meter persegi dari luas total lahan bandara hampir 400 hektar.

Adapun panjang landas pacunya mencapai 2.400 meter x 45 meter. Bandara ini memiliki kapasitas 1,5 juta penumpang per tahun.

Bandara Dhoho di Kediri ini rencananya akan dibangun di Desa Grogol, Kecamatan Grogol dan Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri.

Jarak Desa Grogol ke Pusat Kota Kediri sekitar 13 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Sementara jarak dari Bandara Juanda Sidoarjo sekitar 120 km dengan waktu tempuh 1,5 hingga 2 jam perjalanan via jalan tol.

Sedangkan jarak dari Bandara Abdurahman Saleh Malang sekitar 87 km dengan waktu tempuh perjalanan darat 3 hingga 4 jam. kbc10

Bagikan artikel ini: