Jelang Musda, REI Jatim mulai jaring calon ketua

Kamis, 12 Maret 2020 | 22:33 WIB ET
Jajaran anggota Tim Penjaringan Calon Ketua DPD REI Jatim Masa Bhakti 2020-2023.
Jajaran anggota Tim Penjaringan Calon Ketua DPD REI Jatim Masa Bhakti 2020-2023.

SURABAYA, kabarbisnis.com: Menjelang digelarnya Musyawarah Daerah (Musda) DPD REI Jawa Timur XV tahun 2020, DPD REI Jatim melalui SK DPD REI Nomor 28/KEP-U /03/ll/2020 tertanggal 21 Februari 2020 telah membentuk panitia penjaringan calon Ketua DPD REI Jatim Masa Bhakti 2020-2023.

Tim penjaringan ini diketuai HR Ali Badri Zaini dengan dibantu jajaran anggota, yakni Sabron D Pasaribu, Soeprapto, Dyah Sulistyowati, HM Syamsurizal, Mustofa Bawazier, Muara Harianja, dan Muchsinul Achsan.

Menurut Ali Badri Zaini, pihaknya akan menjalankan amanah tersebut sesuai AD/ART organisasi yang berlaku. "Kami berharap kepada Komisariat REI Se-Jawa Timur untuk menyampaikan kepada seluruh anggota REI di daerah masing-masing daerah terkait Musda REI Jatim ini," katanya, Kamis (12/3/2020).

Tata cara pencalonan ketua sendiri, lanjut dia, dengan melalui Tim Penjaringan dengan mendaftarkan diri dan mengisi formulir yang sudah disediakan atau didaftarkan oleh Komisariat untuk ikut dalam Proses Penjaringan. Namun dengan ketentuan didukung oleh sekurang-kurangnya 30 anggota dan dalam hal didaftarkan oleh Komisariat. harus disertai dengan pemyataan kesediaan dari calon yang didaftarkan dan selanjumya mengisi formulir yang disediakan oleh Panitia Penjaringan.

"Panitia Penjaringan mengemban tugas untuk memperluas kesempatan kepada setiap anggota REI berkompetisi secara sehat, adil dan jujur untuk dapat dipilih menjadi Ketua DPD REI Jatim. Untuk itu dibutuhkan dukungan dan peran aktif Komisariat REI untuk memberikan kesempatan yang luas bagi anggotanya," ujar Ali Badri.

Sementara itu untuk bisa mencalonkan diri sebagai Ketua DPD REI Jatim, ada persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya adalah WNI, sehat jasmani dan rohani, menjadi komisaris atau direksi di perusahaan anggota REI aktif dan melaksanakan kewajiban sebagai anggota sekurang-kurangnya tiga tahun beturut-turut, dan tidak pernah melakukan perbuatan tercela atau pidana.

"Sementara persyaratan khusus diantaranya pernyataan bersedia tinggal di Surabaya sebagai pusat kepengurusan DPD REI Jatim, pernah menjadi pengurus harian di DPD REI Jatim sekurang-kurangnya 1 kali masa bhakti saat dicalonkan, dan belum pernah menjadi Ketua DPD REI Jatim," ulas Ali Badri.

Adapun pendaftaran dan pengembalian berkas formulir pendaftaran calon ketua akan dimulai pada 12 Maret hingga 18 Maret 2020. Setelah melalui tahapan verifikasi administrasi dan fit and proper test, pengumuman resmi calon Ketua DPD REI Jatim akan diumumkan pada 31 Maret 2020.

"Sementara pelaksanaan Musda sekaligus pemilihan Ketua DPD REI Jatim Masa Bhakti 2020-2023 sendiri akan dilaksanakan pada 14 April 2020 mendatang," tukas Ali Badri. kbc7

Bagikan artikel ini: