JIIPE Gresik disiapkan jadi KEK teknologi dan manufaktur

Selasa, 17 Maret 2020 | 09:44 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Java Integrated Industrial and Port Estate atau JIIPE di Kabupaten Gresik disiapkan untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK) sektor teknologi dan manufaktur.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, pihaknya telah mengajukan JIIPE menjadi KEK sejak setahun lalu. Dia berharap dengan adanya rapat koordinasi antara JIIPE, BKPM dan pemerintah daerah maka daerah itu bisa segera dijadikan KEK.

“Kita punya bonus demografi. Kita juga punya konsumen yang luar biasa beragam. Jika Kawasan Ekonomi Khusus Teknologi di JIIPE ini bisa terwujud, saya yakin banyak investor yang datang dan menanamkan modal mereka di sini. Ini menjadi peluang kita bersama,” ujar Doso dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/3/2020).

Sementara itu, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan JIIPE adalah salah satu kawasan unggulan yang bisa ditawarkan kepada para investor untuk berinvestasi di Indonesia.

Menurut dia, JIIPE memiliki keunggulan, yakni terintegrasinya antara kawasan industri dan pelabuhan. “Prinsipnya kami dari BKPM selalu support dengan segala sesuatu yang bertujuan mendatangkan investasi, asal semua itu sesuai aturan seperti perijinan dan sebagainya dan yang paling penting harus memiliki dampak kepada negara dan masyarakat secara berkesinambungan,” kata Bahlil.

JIIPE merupakan kawasan industri di Jawa Timur pertama yang terintegrasi langsung dengan pelabuhan, dengan luas total mencapai 2.961 hektare.

JIIPE digadang-gadang menjadi salah satu kawasan unggulan penggerak ekonomi Indonesia apabila dapat memperoleh status sebagai KEK Teknologi dan Manufaktur. kbc10

Bagikan artikel ini: