Pasar potensial, DFSK buka dua diler di Surabaya

Selasa, 17 Maret 2020 | 19:04 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Di tengah melambatnya pasar otomotif di Tanah AIr, DFSK ternyata mendapat tanggapan positif di masyarakat. Penjualan kendaraan ini bahkan mengalami kenaikan signifikan di tahun lalu bahkan berlanjut di awal tahun 2020 ini.

Guna memastikan kebutuhan dan layanan purna jual kepada konsumen, DFSK gencar memperluas jaringan di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Jawa Timur yang noabene permintaannya cukup bagus. Terbaru, DFSK meresmikan dua dilernya di Surabaya, yakni DFSK Kenjeran dan DFSK Jemursari.

Area Sales Manager Jawa Timur PT Sokonindo Automobile (DFSK Indonesia), Bayu Pangestu menuturkan, Surabaya dan Jawa Timur merupakan salah satu penyumbang penjualan DFSK setelah Jabodetabek, dimana tahun 2019 lalu memberikan kontribusi sekitar 12 persen dari penjualan DFSK secara nasional.

"Untuk itu DFSK terus berusaha untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan dan melayanl para konsumen dl Jawa Timur dengan menambah dua diler baru, yaknl DFSK Kenjeran dan DFSK Jemursarl Surabaya. Nantinya kami berharap kontribusi dari Jawa Timur ini bisa naik menjadi 20 persen," katanya usai peresmian diler DFSK Kenjeran, di Surabaya, Selasa (17/3/2020).

Selain untuk memberikan layanan penjualan, servis, dan spare part, pembukaan diler baru diakuinya untuk mengantisipasi pertumbuhan penjualan DFSK di Surabaya, karena akan ada dua kendaraan baru yaknl DFSK Gelora dan DFSK Glory l-Auto.

Diler DFSK Kenjeran dan DFSK Jemursari Surabaya sendiri berada di bawah naungan CV Manang Sejahtera Abadi. Perusahaan ini sebelumnya juga telah membuka dua diler di Surabaya, yakni di Jalan Arief Rahman Hakim dan HR Muhamad, serta satu diler di Malang.

Dealer DFSK Kenjeran dibangun di atas Iahan seluas 1.250 meter persegi dengan luas bangunan 1.380 meter persegi. Sedangkan DFSK Jemursarl menempatl lahan seluas 875 meter persegl dengan bangunan seluas 650 meter persegi. Kedua fasllltas terbaru darl DFSK Inl sudah memlllkl standar pelayanan 3S (Sales, Service, dan Spare Part).

Operation Manager CV Manang Sejahtera Abadi, Yansen Tan menuturkan, meski pasar otomotif belum mengalami kebangkitan, namun pihaknya optimistis tahun ini kondisinya akan lebih baik dibanding 2019 lalu.

"Kami bersyukur penjualan kami di Jawa Timur terus meningkat. Jika pada 1,5 tahun lalu awal kami buka di Surabaya penjualannya sekitar 10-11 unit per bulan, saat ini sudah di angka 80 unit per bulan. Kami optimis dengan penambahan diler ini penjualan kami bisa meningkat menjadi sekitar 200 unit per bulan," ujarnya.

Keyakinannya tersebut bukan isapan jempol. DFSK kini diperkuat dengan jajaran produk berkualitas dengan fitur lengkap, mulal darl DFSK Glory 580, DFSK Glory 560 dan DFSK Super Cab, hlngga nantinya akan juga hadir dua kendaraan terbaru vaknl DFSK Glory I-Auto dan DFSK Gelora.

"Kemudlan dari pelayanan puma jual, diler kami memiliki peralatan modern, mekanik yang terlatih, sampai ruang suku cadang untuk memastikan ketersediaan suku cadang original yang bersifat fast moving hingga slow moving," ulas Yansen.

Tak hanya itu, selama masa grand opening, baik di diler DFSK Kenjeran maupun DFSK Jemursari Surabaya, pihaknya memberikan tambahan cashback hingga Rp 5 juta untuk setiap pembelian kendaraan-kendaraan DFSK. 

Pihaknya juga menyiapkan program pembiayaan mulai dari DP rendah, bunga 0%, sampai DP nol dengan menggandeng sejumlah perusahaan pembiayaan seperti Mandiri Tunas Finance, BCA, Maybank, Mitsui, Adira Finance, dan Bank Mega.

Direktur CV Manang Sejahtera Abadi, Cheliyono Jenardi Tejo menambahkan, potensi pasar Surabaya cukup besar di pasar otomotif dengan total marketnya mencapai 41 ribu unit mobil per tahunnya, atau sekltar 30% darl total penjualan kendaraan bermotor di Jawa Timur.

"Dengan potensi tersebut, apalagi dengan lokasi yang strategis di kawasan Utara dan Selatan Surabaya, selain juga dukungan penuh oleh pihak agen pemegang merek, kami yakin dapat bersaing dan meramaikan pasar otomotif di Surabaya,” tambah Direktur CV Manang Sejahtera Abadi, Cheliyono Jenardi Tejo. kbc7

Bagikan artikel ini: