Hore! PKL hingga pedagang asongan bakal dapat insentif tangkal corona

Jum'at, 20 Maret 2020 | 08:47 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah memastikan bakal mengeluarkan paket stimulus kepada sektor informal seperti ritel, rumah makan, pedagang asongan hingga pedagang kaki lima (PKL). Langkah ini guna menangkal dampak wabah virus corona demi menjaga daya beli masyarakat. 

"Pak Menko (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto) tadi menyampaikan akan memikirkan untuk sektor informal seperti warung-warung kecil juga pekerja informal lain supaya mendapat insentifnya agar bisa menikmati juga," ujar Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi) Adhi S. Lukman, Kamis (19/3/2020).

Rencana kebijakan itu disampaikan Airlangga dalam Rapat Koordinasi Pangan yang diselenggarakan di kantornya siang tadi bersama berbagai asosiasi terkait seperti Gapmmi, Aprindo, hingga Hippindo.

Menurut Adhi, alasan akhirnya pemerintah berkenan menyiapkan kebijakan itu mengingat keadaan perekonomian domestik saat ini semakin melambat. Terutama, setelah rupiah melemah terhadap dolar AS hingga Rp 16.000 siang tadi.

"Masalah dolar ini masalah dunia yang tidak bisa dikendalikan oleh (pemerintah) Indonesia, tetapi yang paling penting, pak Menko tadi sudah sepakat bahwa kelancaran ketersediaan produk pangan ini akan menjadi prioritas utama pemerintah, itu harus aman sampai ke pelosok-pelosok," paparnya.

Demi mempercepat terwujudnya insentif tersebut, dalam waktu dekat Airlangga akan melakukan pertemuan lanjutan dengan Menteri Keuangan untuk menerbitkan beleid itu.

"Pak Menteri menyampaikan akan segera dikoordinasikan dengan Menteri Keuangan untuk segera diterbitkan," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: