Antisipasi corona, pelunasan biaya haji bisa via mobile banking

Jum'at, 20 Maret 2020 | 10:36 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Langkah strategis dilakukan perbankan guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Seperti BNI Syariah yang memberikan opsi pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) melalui non teller yaitu melalui BNI Mobile Banking. 

Opsi pelunasan haji melalui non teller sesuai dengan surat Kementerian Agama RI No.13/18008/DJ/DT.II.II/KS.02/03/2020 perihal Pelunasan Haji Reguler 1441 H yang menyatakan bahwa jadwal pelunasan haji reguler dibuka pada 19 Maret 2020.

Direktur Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah, Dhias Widhiyati mengatakan pelunasan haji reguler ini dibuka dua tahap. Pertama akan dibuka dari 19 Maret sampai 17 April 2020 dan untuk tahap kedua dibuka dari 30 April sampai 15 Mei 2020.

"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan teknologi BNI Mobile Banking untuk melakukan pelunasan haji sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Kementrian Agama. Melalui BNI Mobile Banking, masyarakat tidak perlu mengantre di teller sekaligus menghindari penyebaran virus Covid-19," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (19/3/2020).

Dias juga mengatakan BNI Syariah telah ditunjuk menjadi salah satu bank penerima setoran (BPS) BIPIH sejak 2010 lalu. Ada sekitar 33 ribu calon jamaah haji baik haji reguler maupun haji khusus yang melakukan pelunasan di BNI Syariah pada tahun ini.

"Diproyeksikan, 10 persen dari jumlah calon jamaah melakukan pelunasan haji melalui BNI Mobile Banking," sambungnya. 

Jika jamaah ingin melakukan pelunasan haji dengan menggunakan BNI Mobile Banking, kata Dias, ada beberapa tahap yang bisa dilakukan.

Pertama masuk ke menu produk jasa lain di BNI Mobile Banking, lalu pilih menu pelunasan haji regular. Kemudian pilih rekening yang akan didebet dan masukkan nomor porsi dan cek kesesuaian data dan password. Langkah terakhir adalah dengan mengunduh struk di menu bukti transfer dan mengunduh email yang terdaftar bukti lunas BIPIH. 

Setelah melakukan pelunasan melalui BNI Mobile Banking, nasabah dapat langsung melaporkan kepada Kemenag setempat dengan membawa bukti pelunasan.

Selain melalui BNI Mobile Banking, pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) juga bisa dilakukan melalui channel pembayaran melalui formulir online yang dapat diunduh melalui website BNI Syariah. Pelunasan BIPIH juga juga bisa dilakukan melalui teller cabang BNI Syariah terdekat. kbc10

Bagikan artikel ini: