Pasar smartphone anjlok 38% akibat corona, terparah sepanjang sejarah

Senin, 23 Maret 2020 | 15:34 WIB ET

BOSTON, kabarbisnis.com: Kian meluasnya wabah virus corona atau Covid-19 kian menghantui makhluk di dunia. Perekonomian berbagai negara pun terjun bebas, akibat industri tidak berjalan baik, termasuk industri ponsel.

Menurut lembaga riset pasar, Strategy Analytics, pengiriman smartphone global pada Februari 2020 tercatat sebagai yang terendah sepanjang sejarah, karena mengalami penurunan sebesar 38%. 

Sepanjang bulan lalu, pengiriman ponsel global hanya 61,8 juta unit. Padahal, pada periode yang sama di tahun lalu, pengiriman bisa mencapai 99,2 juta unit. 

Covid-19 memaksa para produsen untuk menutup sementara pabriknya. Begitu juga dengan toko-toko ritel besar yang tidak mau mengambil risiko terinfeksi virus mematikan itu.

Menurut Neil Mawston, Direktur Eksekutif Strategy Analytics, virus yang pertama kali diketahui dari Wuhan itu, membuat pasokan dari China menurun tajam. 

“Pasokan dan permintaan smartphone jatuh di China, merosot di seluruh Asia dan melambat di seluruh dunia,” jelas Mawston, seperti dikutip, Minggu (22/3/2020).

Meski saat ini China berangsur pulih dari invasi Covid-19, namun tetap diperkirakan pengiriman smartphone secara global akan tetap lesu sepanjang Maret 2020. kbc10

Bagikan artikel ini: