YouTube turunkan kualitas video selama 30 hari, ada apa?

Kamis, 26 Maret 2020 | 18:41 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: YouTube berencana menurunkan kualitas videonya di seluruh dunia. Sebelumnya, platform milik Google ini telah lebih dulu melakukan hal serupa di Eropa.

Kebijakan ini diambil untuk mengurangi beban jaringan, serta sebagai bentuk kepedulian terhadap warga di bumi yang sedang dilanda pandemi Covid-19. Pasalnya, banyak orang yang terpaksa harus berdiam diri di rumah, demi mengurangi derasnya penyebaran virus. 

Melansir dari CNN, Kamis (25/3/2020), YouTube menurunkan kualitas videonya menjadi standar secara otomatis. Tetapi pengguna tetap bisa menonton dengan kualitas tinggi, dengan mengaturnya secara manual.

Rencananya, penurunan kualitas akan diterapkan oleh YouTube selama 30 hari. Sementara opsi ini sudah diterapkan sejak Selasa kemarin. 

"Pekan lalu kami mengumumkan semua video diYouTubeditampilkan dalam standard definition secara default di Uni Eropa. Karena krisis ini sudah mendunia, kami akan memperluas perubahan tersebut secara global,” kata juru bicara Google.

Bukan hanya YouTube, platform lain seperti Netflix, Amazon, dan Disney, juga telah menurunkan kualitas videonya. Bahkan, Facebook dan Instagram juga mengambil langkah serupa. kbc10

Bagikan artikel ini: