Peduli warga Gresik, Cak Rian bikin bilik disinfektan di beberapa titik

Senin, 30 Maret 2020 | 18:10 WIB ET

GRESIK, kabarbisnis.com: Semakin hari pandemi virus corona atau Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat. Begitu juga halnya dengan Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Sampai dengan Minggu (29/3/2020), ada 2 orang telah dinyatakan positif terjangkit Covid-19 di kota yang identik dengan sebutan kota santri ini.

Hal itu membuat salah satu tokoh muda Gresik tergerak. Septrianto Maulana atau biasa dikenal dengan nama Cak Rian ikut turun langsung dalam melakukan upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Gresik.

Tokoh muda sekaligus pengusaha asli Gresik itu bersama dompet dhuafa melakukan gerakan membuat disinfection chamber (Bilik disinfektan) untuk diletakkan di beberapa tempat publik di Kabupaten Gresik.

"Alhamdulillah bilik pertama baru saja telah kami resmikan di masjid Jami' Alun-alun Gresik. Insha Allah sudah bisa digunakan bagi para jamaah dan warga Gresik yang hendak beribadah maupun melintasi jalan sekitar. Semoga bermanfaat," ujarnya.

Pemilihan masjid Jami' alun-alun sebagai lokasi pertama pemasangan bilik dikarenakan kawasan tersebut adalah tempat publik yang kompleks di Gresik. Ada Masjid Jami' sebagai tempat ibadah yang ramai dikunjungi oleh jamaah sementara alun-alun adalah pusat kota yang masih cukup padat dilewati oleh masyarakat sehari-hari.

"Bilik desinfektan ini aman sesuai dengan prosedur. Cairan yang digunakan tidak menggunakan alkohol maupun campuran yang membahayakan tubuh, hanya menggunakan air mineral dan Dettol," kata Cak Rian

Cak Rian berharap pandemi ini bisa segera berakhir. agar kegiatan pendidikan , ekonomi, maupun acara keagamaan bisa berjalan dengan normal.

Dia juga berpesan agar masyarakat Kabupaten Gresik terus meningkatkan kedisiplinan. terutama dalam melakukan social distancing (jaga jarak sosial) maupun physical distancing (jaga kontak fisik). "Pandemi corona ini bisa musnah jika kita bersatu dan saling mengingatkan untuk melawannya," ujarnya. kbc7

Bagikan artikel ini: