Ini cara Facebook perangi hoaks virus corona

Selasa, 31 Maret 2020 | 15:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Platform media sosial tengah memerangi penyebaran informasi palsu atau hoaks terkait virus corona (Covid-19). Facebook misalnya, tengah bekerjasama dengan mesin cek fakta Lead Stories untuk menghapus berita palsu di-platform-nya.

Lead Stories menggunakan mesin Trendolizer untuk mendeteksi dan menghilangkan informasi hoaks tentang virus corona.

Tidak hanya Facebook, Lead Stories juga meninjau hoaks di Instagram, Twitter, dan YouTube. Sejak pemeriksaan fakta virus corona pertamanya pada pertengahan Januari, Lead Stories telah memeriksa lebih dari 200 klaim palsu.

Lead Stories menemukan banyak postingan tentang hoaks virus corona yang biasanya sebagai bahan candaan, seperti peringatan meme tentang tetes disinfektan militer muncul di Eropa dan di tempat lain.

Selain itu ditemukan juga klaim obat rumahan yang kabarnya mampu menyembuhkan virus corona. Padahal hingga saat ini masih belum ditemukan vaksin atau obat untuk virus baru tersebut.

Seperti yang biasa terjadi pada lebih dari 60 mitra global pengecekan fakta, Lead Stories diluncurkan dengan pendanaan independen tetapi sebagian tetap bertahan dengan sebagian dana dari Facebook.

Raksasa teknologi media sosial itu memulai program pengecekan fakta pada akhir 2016 setelah kritik tentang bagaimana ia menangani informasi yang salah selama pemilihan presiden di 2016. Pemeriksa fakta manusia tetap menjadi pusat pertahanan Facebook, dan bahkan sebelum pandemi coronavirus perusahaan itu meningkatkan investasinya. kbc10

Bagikan artikel ini: