Cegah penyebaran Covid-19, e-commerce pastikan paket dibersihkan sebelum dikirim

Rabu, 1 April 2020 | 09:41 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Merebaknya virus corona (Covid-19) membuat sebagian masyarakat was-was saat melakukan belanja online, terutama terkaiit kekhawatiran penyebaran virus melalui barang kiriman.

Namun demikian, kalangan perusahaan e-commerce memastikan keamanan konsumen yang memilih untuk berbelanja secara daring dan menantikan barangnya dikirim di rumah di masa pandemik Covid-19.

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengatakan, semua paket telah dibersihkan sebelum dikirim ke alamat konsumen demi menekan risiko penularan virus.

"Kami memastikan paket yang diterima telah di disinfektan sebelum dikirim ke pengguna, dan pengguna juga dapat memilih untuk menerima paket tanpa kontak langsung dengan pengantar," ujar Handhika dalam siaran resmi, Selasa (31/3/2020). 

Dikatakannya, Shopee bekerja sama dengan mitra penjual demi memastikan harga tetap wajar dan sesuai pasaran, juga bekerja sama dengan mitra logistik agar pesanan dikirim tepat waktu.

Selain itu, ada pula fitur garansi dan layanan konsumen 24 jam untuk pengguna yang punya pertanyaan atau keluhan. Di masa pandemik, pengantar barang serta agen warehouse tetap bekerja untuk melayani pesanan konsumen.

Dr. Leana Wen, mantan komisioner kesehatan Baltimore, AS, menjelaskan, kemungkinan terpapar virus corona dari paket sangat kecil karena biasanya paket terpapar di sinar Matahari dalam waktu lama di luar ruangan. kbc10

Bagikan artikel ini: