REI Jatim sumbang 10.000 swab test Covid-19 untuk ITD Unair

Rabu, 1 April 2020 | 22:29 WIB ET
Ketua DPD REI Jatim Danny Wahid (lima dari kiri) bersama Ketua Umum DPP REI Paulus Totok Lusida (empat dari kiri) saat menyerahkan bantuan alat swab test di Gedung ITD, kampus C Unair Surabaya.
Ketua DPD REI Jatim Danny Wahid (lima dari kiri) bersama Ketua Umum DPP REI Paulus Totok Lusida (empat dari kiri) saat menyerahkan bantuan alat swab test di Gedung ITD, kampus C Unair Surabaya.

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kebutuhan terhadap perlengkapan medis terus melonjak seiring meluasnya pandemi virus corona atau Covid-19 di Tanah Air. Salah satunya adalah reagen PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk pendeteksi virus corona SARS-CoV-2.

Sadar akan hal ini, DPD Real Estate Indonesia (REI) Jawa Timur menggalang dana dari para anggotanya yang merupakan pelaku usaha di bidang properti, untuk kemudian membeli alat impor ini dari Jepang. 

Hasilnya ada 10.000 alat swab test yang kemudian diserahkan ke Lembaga Penyakit Tropis atau Institut of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Penyerahan secara simbolis secara langsung dilakukan oleh Ketua DPD REI Jatim Danny Wahid bersama Ketua Umum DPP REI Pusat Paulus Totok Lusida di Gedung ITD, kampus C Unair, Rabu (1/4/2020).

Pada kesempatan itu Danny Wahid mengatakan, langkah ini dilakukan setelah mendapat anjuran dari DPP REI Pusat dan kemudian setiap Dewan Pimpinan Daerah (DPD) diminta untuk menyerahkan ke pihak terkait penanganan Covid-19 di masing-masing wilayahnya. 

"Untuk kami di DPD REI Jatim, tentunya ke ITD Unair, karena di sini salah satu pusat pemeriksaan Covid-19," jelas Danny Wahid. 

Sekadar informasi, reagen menjadi bahan penting untuk bisa memberikan konfirmasi deteksi virus corona jenis SARS-CoV-2 dengan metode PCR dari pengambilan spesimen seseorang yang diambil dari tes swab.

Sementara Totok Lusida menambahkan, bantuan ini tidak hanya dilakukan oleh DPD REI Jatim saja, tapi juga di DPD-DPD lain. 

"Kami sengaja meminta ke DPD masing-masing, tidak dipusatkan di Jakarta saja, karena virus ini sudah mewabah secara nasional. Jadi biar fokus dan tepat sasaran, per DPD sesuai daerah masing-masing," jelas Totok. 

Selain menyerahkan bantuan 10.000 alat swab test, DPD REI Jatim juga akan menyerahkan 500 Alat Pelindung Diri (APD) untuk para medis di Rumah Sakit (RS). 

Bantuan diterima langsung oleh Ketua ITD Unair Surabaya, Prof dr Maria Lucia Inge Lusida SpMK MKes PhD. Secara khusus Inge mengucapkan terima kasih kepada DPD REI Jatim yang telah membantu penyediaan reagen PCR untuk ITD Unair. 

“Teknik PCR ini bisa mendeteksi virus SARS-CoV-2 secara lebih dini dan sensitif, sehingga kita bisa lebih cepat dalam mengambil keputusan dan langkah penanganan apa yang akan dilakukan,” jelas Inge.

Sejak pandemi virus corona, ITD sudah melakukan pemeriksaan pada 1.000 sampel. Inge berharap dengan adanya bantuan ini bisa memberikan ketersediaan layanan bagi masyarakat yang membutuhkan untuk dilakukan tes PCR. kbc7

Bagikan artikel ini: