Solusi Bangun Indonesia beri edukasi Covid-19 di lingkungan sekitar pabrik Tuban

Kamis, 2 April 2020 | 18:22 WIB ET
GA & Comrel Manager SBI Pabrik Tuban, Trayudi Darma (kanan) saat penyerahan secara simbolis bantuan wastafel, sabun dan media komunikasi edukasi Pencegahan Penyebaran Covid-19.
GA & Comrel Manager SBI Pabrik Tuban, Trayudi Darma (kanan) saat penyerahan secara simbolis bantuan wastafel, sabun dan media komunikasi edukasi Pencegahan Penyebaran Covid-19.

TUBAN, kabarbisnis.com: Meluasnya penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia, mendorong inisiatif instansi pemerintah dan swasta untuk terus melakukan langkah-langkah pencegahan sebagai antisipasi penularan wabah ini.

Begitu juga PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Tuban yang turut andil memberikan edukasi tentang pentingnya melakukan upaya pencegahan di mulai dari diri sendiri, dengan memberikan bantuan fasilitas cuci tangan (wastafel) dan seperangkat media informasi Covid-19 ke masyarakat sekitar pabrik. 

Bantuan ini didistribusikan SBI Tuban melalui 6 desa di sekitar area operasional dengan melibatkan bidan setempat dalam melakukan penilaian kebutuhan.

Wastafel yang dibagikan direncanakan akan dipasang di Balai Desa, Polindes, Pos Satgas Covid-19 level Desa dan atau lokasi lainnya yang dianggap berpeluang besar diakses oleh masyarakat setempat. Sedangkan media informasi yang diberikan berupa spanduk dan pamflet yang berisi berbagai informasi tentang Covid 19 dan nomor darurat yang bisa dihubungi. 

Penyerahan bantuan dilakukan secara bertahap oleh GA & Community Relations Manager Pabrik Tuban, Trayudi Darma kepada kepala desa dan perangkat desa setempat. 

Trayudi mengatakan, kondisi ini perlu untuk disikapi bersama agar semakin banyak masyarakat yang peka dan peduli terhadap bahaya dari virus corona. Dia juga mengimbau kepada masyarakat sekitar untuk tetap tenang dan terus menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh melalui asupan gizi yang cukup, serta mengikuti himbauan physical distancing dengan mengurangi kegiatan di luar rumah.

Selain itu Trayudi mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi kepedulian antara SBI, Pemerintah Desa, serta stakeholder di bidang kesehatan lainnya.

“Kami berkomitmen untuk selalu mendukung masyarakat di sekitar pabrik, terutama di masa-masa yang mengkhawatirkan seperti sekarang. Ini merupakan salah satu upaya kami untuk mencegah penyebaran virus Corona di lingkungan sekitar perusahaan," katanya melalui keterangan tertulis, Kamis (2/4/2020).

Di internal Pabrik Tuban, SBI telah menerapkan aturan untuk tidak menerima kunjungan tamu dari luar perusahaan, pemeriksaan suhu tubuh bagi karyawan atau kontraktor sebelum masuk ke dalam pabrik, memberikan edukasi mengenai hidup sehat, serta menambah fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer di lokasi-lokasi strategis, serta melakukan sterilisasi area kerja.

“Perusahaan tentu sangat prihatin dengan penyebaran virus Corona yang sedang terjadi di Indonesia saat ini. Namun kita semua harus bahu-membahu menjalankan anjuran-anjuran yang telah disampaikan oleh Pemerintah, agar dampak dari penyebaran wabah ini dapat menurun dan masyarakat dapat kembali beraktivitas secara normal," pungkas Trayudi. kbc7

Bagikan artikel ini: