Tetap produktif hadapi Covid-19, Telkomsel kampanyekan #DiRumahTerusMaju

Minggu, 5 April 2020 | 18:43 WIB ET

SURABAYA - Operator telekomunikasi Telkomsel berkomitmen mengambil peran dalam upaya gotong royong untuk terus bergerak maju bersama Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan seluruh elemen masyarakat dalam menghadapi situasi darurat nasional Corona Virus Disease (COVID-19). Sebagai salah satu bentuk gerakan solidaritas bersama dan sesuai dengan imbauan Pemerintah RI untuk mengutamakan aktivitas di rumah,  Telkomsel mendedikasikan potensi perusahaan untuk membantu masyarakat Indonesia melewati tantangan melalui gerakan #DiRumahTerusMaju.

Inisiatif #DiRumahTerusMaju merupakan gerakan solidaritas untuk bersama-sama menjaga Indonesia dengan menyinergikan seluruh aset di ekosistem digital Telkomsel dalam bidang e-learning, e-health, e-commerce, e-donation, entertainment, serta mengoptimalkannya dengan menggandeng para pelaku industri terkait sehingga dapat memberikan manfaat dan dampak yang  lebih terasa di semua sektor kehidupan masyarakat.

General Manager Consumer Sales Region Jawa Timur Telkomsel Erick Noviantoro mengatakan, saat kita semua perlu saling menjaga jarak untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, Telkomsel berkomitmen mengambil peran sebagai connectivity enabler untuk menjaga masyarakat dapat terus terhubung dan bermanfaat bagi satu sama lain.

“Namun Telkomsel juga menyadari kami tidak dapat berjalan sendiri, sehingga melalui #DiRumahTerusMaju, Telkomsel memaknai semangat gotong royong yang didorong pemerintah RI dengan menyinergikan ekosistem digital yang selama ini telah kami bangun sekaligus mengoptimalkannya dengan bergandengan tangan dan berkolaborasi dengan para mitra dan pemangku kepentingan di berbagai bidang yang memiliki tekad yang sama untuk membantu masyarakat Indonesia. Telkomsel meyakini bahwa kita dapat melewati ujian ini jika semua pihak turut berkontribusi untuk bersama-sama menjaga Indonesia,” ujarnya.

Erick menambahkan, meskipun dengan kondisi karyawan dan mitra Telkomsel yang menerapkan working from home (WFH), kondisi tersebut tidak mengurangi kualitas pelayanan Telkomsel kepada pelanggan. Terbukti dengan diterapkannya berbagai cara baru dalam melayani pelanggan namun tetap mendukung program physical distancing yang dicanangkan pemerintah salah satunya dengan memberikan kemudahan pemesanan melalui instant messaging pada beberapa outlet.

“Sebagai tanggung jawab sosial kami, Telkomsel juga memberikan 100 perdana simPATi dengan paket data 6,5 GB kepada BNPB di Surabaya untuk membantu operasional BNPB di Surabaya dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini,” ujarnya.

Telkomsel melalui LinkAja juga menyalurkan bantuan masyarakat melalui program “Telkomsel untuk Bangsa dan Kemanusiaan” yang akan disalurkan oleh mitra donasi Telkomsel kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Di sektor pendidikan, Telkomsel menggandeng sejumlah platform e-learning, Perguruan Tinggi dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) untuk memastikan aktivitas belajar di rumah secara mandiri dapat tetap dilakukan dengan efektif melalui #DiRumahTerusBelajar. Pada program ini, Telkomsel menghadirkan Paket Bebas Akses Ilmupedia dan Paket Bebas Akses Ruang Guru yang masing-masing berisi kuota data 30GB senilai Rp 0. Keduanya dihadirkan bagi pelajar Indonesia agar mereka dapat dengan leluasa mengakses platform e-learning dari Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso, Sekolahmu, Rumah Belajar, serta situs e-learning 137 Perguruan Tinggi di Indonesia dan situs Spada Indonesia milik Kemdikbud RI yang berisi mata kuliah dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

Sedangkan untuk menjaga efektivitas dan produktivitas aktivitas bekerja dari rumah (working from home), Telkomsel menghadirkan #DiRumahTerusProduktif. Pada program e-productivity ini, Telkomsel menghadirkan paket harga khusus serta bebas kuota untuk fitur layanan solusi bisnis korporasi CloudX Telkomsel, yakni layanan komunikasi terintegrasi berbasis cloud yang dapat diakses secara fleksibel dari berbagai macam perangkat sehingga produktivitas tetap terjaga walau harus bekerja dari rumah.  Dalam mendukung sistem kerja WFH ini, Telkomsel memberikan bebas biaya berlangganan dan kuota internet selama satu bulan untuk mengakses layanan CloudX Meeting sebesar 60GB khusus untuk pelanggan corporate yang menjadi host meeting, serta 30GB bagi semua pelanggan yang menjadi peserta meeting dengan hanya Rp 10.

Untuk menjaga agar masyarakat #DiRumahTerusTerhibur, pelanggan dapat menyaksikan berbagai macam film/video berkualitas melalui aplikasi MAXstream yang bekerjasama dengan beberapa partner internasional seperti HBO, beIN SPORTS, Warner, VIU, iflix, dan lainnya. Pada program ini, pelanggan Telkomsel dapat mengakses konten berkualitas dan mendapatkan kuota MAXstream sebesar 30GB hanya dengan Rp 62.000 melalui Paket MAXstream Gala Plus. Sedangkan untuk para penggemar mobile gaming, Telkomsel memberikan paket khusus melalui GamesMAX Unlimited Play berupa kuota hingga 34GB dan kuota YouTube hingga 2 GB dengan harga mulai dari Rp 25.000, yang dapat diakes melalui aplikasi MyTelkomsel dan UMB *363*123#. Para gamers akan mendapatkan keuntungan berupa bonus voucher game hingga Rp. 70.000. Hal ini sebagai upaya Telkomsel dalam menjaga dan meningkatkan kemampuan mereka untuk terus berprestasi di bidang e-sport.

Telkomsel juga meluncurkan paket khusus untuk pengguna layanan pascabayar, yakni HaloPlay yang memberikan akses premium ke berbagai aplikasi video streaming sekaligus kuota entertainment yang besar hingga 55GB dengan harga mulai Rp 110.000. Di setiap pembelian paket data tersebut, pelanggan juga akan mendapatkan paket telpon, SMS dan akses premium ke HBO GO, Viu, dan Vidio. Informasi lengkap mengenai HaloPlay dapat diakses di telkomsel.com/haloplay. Ditambah lagi Telkomsel telah memaksimalkan fungsi Telkomsel POIN yang dapat ditukarkan dengan berlangganan 30 hari LangitMusik dan 7 hari Vidio Premier.

Guna memudahkan masyarakat untuk menjaga kesehatan dan mengakses informasi medis dan layanan kesehatan berbasis aplikasi, Telkomsel berkolaborasi dengan platform aplikasi e-health Halodoc dan Alodokter menghadirkan #DiRumahTerusSehat. Aplikasi ini memudahkan pelanggan dalam menikmati layanan kesehatan dengan tenaga medis profesional, dan pelanggan bebas akses di aplikasi tersebut hingga 500MB. Sehingga diharapkan dapat digunakan oleh pelanggan untuk mengakses layanan yang ada di Halodoc dan Alodokter seperti COVID-19 chatbot, chat dengan dokter, pembelian obat dan alat kesehatan, dan menjadwalkan janji dengan dokter. Selain bebas akses Pelanggan juga bisa mendapatkan diskon pembelian obat di Halodoc.

Sedangkan pada program #DiRumahTerusBerbagi, Telkomsel berkolaborasi dengan platform crowdfunding kitabisa.com dan Benih Baik berupaya untuk mendorong kontribusi masyarakat Indonesia dengan memberikan donasi untuk mereka yang terdampak pandemic Covid-19, termasuk para tenaga medis yang berjuang di garis terdepan. Melalui program ini, pelanggan Telkomsel dapat berdonasi dengan mudah dengan menukar 50 Telkomsel POIN yang mereka miliki melalui aplikasi MyTelkomsel. Setiap 50 Telkomsel POIN setara dengan donasi sebesar Rp5.000.

Tak hanya itu, Telkomsel juga menggandeng sejumlah mitra e-commerce serta cashless payment yaitu Shopee, Tokopedia, Lazada, Buka Lapak, JD.id dan LinkAja untuk menghadirkan program #DiRumahTerusTerpenuhi. Pada program ini, selain mendapatkan manfaat tambahan berupa diskon dan cashback, pelanggan juga dapat menikmati fasilitas bebas akses ke aplikasi merchant yang bekerja sama tersebut. Pelanggan cukup mengakses aplikasi MyTelkomsel untuk dapat menikmati berbagai keuntungan ini.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi masyarakat Indonesia sejak diberlakukannya imbauan dari Pemerintah RI untuk melakukan aktivitas dari rumah sebagai upaya memutus rantai penularan virus COVID-19, Telkomsel sendiri telah melakukan upaya pengamanan akses jaringan dengan memaksimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki Telkomsel, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz. Telkomsel juga telah melakukan pengamanan jaringan di wilayah residensial dan titik posko penanggulangan COVID-19, seperti kantor pemerintahan terkait dan rumah sakit. Komitmen menghadirkan cakupan dan kualitas jaringan terdepan ini juga diwujudkan Telkomsel melalui sinergi dengan Pemerintah RI seperti melalui Kementerian BUMN, Kementerian PUPR dan Kementerian Kominfo RI.

General Manager Network Operation and Quality Management Region Jawa Timur Telkomsel Permata Jaya Simarmata mengatakan, sejak awal periode working from home yang dimulai 15 Maret lalu, di Jawa Timur, Telkomsel mengalami peningkatan penggunaan data sekitar 13% dengan intensitas penggunaan internet oleh setiap pelanggan selama sekitar 6-8 jam per hari. Peningkatan trafik penggunaan data paling banyak di perumahan, terutama perumahan dosen serta beberapa rumah sakit. Sementara itu, jika dikategorikan berdasar daerah, secara berurutan Mojokerto, Malang, Surabaya, dan Jombang mengalami peningkatan penggunaan data tertinggi di Jawa Timur. kbc9

Bagikan artikel ini: