Aneka Gas Industri dukung pemenuhan gas medis dalam penanganan Covid-19

Rabu, 8 April 2020 | 18:46 WIB ET

SURABAYA - PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII) menjaga kelangsungan pasokan produksi dan persediaan beberapa gas medis penting, seperti Oksigen, Nitrous Oxide, Helium dan lain sebagainya dan secara aktif mengelola aset gas dan keamanan inventaris untuk memprioritaskan kebutuhan sistem kesehatan di Indonesia. 

Sebagai satu-satunya produsen gas industri maupun gas medis yang merupakan perusahaan terbuka yang telah lama berkontribusi dalam memberikan pelayanannya di berbagai rumah sakit di seluruh Indonesia, kali ini AGII juga terpanggil untuk tetap selalu mendukung upaya industri kesehatan dan pemerintah Indonesia dalam memerangi Wabah Penyakit COVID-19 di Indonesia. 

Dengan didukung oleh jaringan terluas di Indonesia yang terdiri dari total 44 pabrik dan 104 filling station yang tersebar di 26 provinsi, AGII siap melayani kebutuhan gas medis di fasilitas kesehatan maupun gas industri bagi sektor-sektor penting. Aneka Gas Industri mengerahkan segala upaya untuk menanggapi meningkatnya kebutuhan akan oksigen dan gas medis lainnya, dengan terus melayani bisnis-bisnis penting lainnya untuk menjaga stabilitas pada rantai pasokan.

Dalam rangka memerangi wabah penyakit COVID-19, AGII juga terus menjaga dan memastikan agar produksi perusahaan terus berjalan dengan aman sesuai dengan Standard Operating Procedure perusahaan yang telah memenuhi standar ISO dan melalui proses Quality Control internal yang sangat ketat sebelum dikirimkan ke pelanggan. 

“Seluruh produk-produk Aneka Gas Industri dijamin bebas dari paparan terhadap COVID-19 karena kami juga mengikuti Pedoman Penanganan Silinder Medis yang Terkontaminasi Eksternal dalam Situasi Pandemi, yang disediakan oleh Asosiasi Industri Gas Asia (AIGA). Selain itu, kami juga telah mempraktekkan prosedur safe hygiene atau kebersihan dan sanitasi bagi anggota tim, karyawan, dan mitra kami, dan juga memperbolehkan karyawan dengan fungsi jabatan tertentu untuk bekerja dari rumah (Work-From-Home/WFH) dalam rangka mendukung tujuan pemerintah untuk meratakan kurva wabah,” ujar Rachmat Harsono, Direktur Utama AGII.

Sejak awal tersebarnya wabah Virus Corona, AGII telah merancang rencana kesinambungan bisnis untuk memaksimalkan efisiensi dan mempertahankan kegiatannya, sembari meningkatkan kemampuan produksi gas medisnya untuk memenuhi permintaan saat ini.

Selain menjaga tingkat persediaan di Rumah Sakit dan di dalam pabrik milik perusahaan, AGII juga melakukan pengadaan silinder gas medis yang baru kepada daerah dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, sehingga kebutuhan oksigen di daerah-daerah tersebut dapat terpenuhi dengan baik. AGII juga mempersiapkan aset portabel untuk melayani kebutuhan oksigen baik di rumah sakit maupun di rumah.

Rachmat Harsono menjelaskan, hingga sekarang AGII tercatat telah melayani sekitar 80%-85% kebutuhan gas medis di Indonesia, termasuk diantaranya gas oksigen, nitrogen, nitrous oxide, dan lain sebagainya. Dalam memenuhi kebutuhan gas medis, Aneka Gas Industri juga menyediakan layanan instalasi infrastruktur gas medis maupun layanan penyediaan peralatan kesehatan bagi pelanggan yang membutuhkan.

“Melalui kerjasama dengan jaringan-jaringan internasional yang terkemuka, Aneka Gas Industri merupakan distributor resmi untuk peralatan-peralatan kesehatan seperti ruang operasi modular (Modular Operating Theatre), ventilator, infrastruktur tabung pneumatik, dan banyak lainnya. Bagi pelanggan individu, Aneka Gas Industri juga menyediakan OXYPURE, tabung gas oksigen pribadi, yang memungkinkan pelanggan individu untuk mengelola gejala mereka di rumah dan tanpa pergi ke rumah sakit jika mereka memiliki gejala COVID-19 yang ringan,” ujarnya.

Dia menegaskan, Aneka Gas Industri memastikan bahwa ketersediaan oksigen dan gas medis lainnya untuk pelanggan kesehatan aman dan cukup. “AGII berkomitmen untuk melayani kebutuhan pelanggan, karyawan, dan mitra kami, sehingga fasilitas kesehatan, pelaku industry dan layanan vital lainnya yang ada di Indonesia dapat terus beroperasi untuk kebaikan masyarakat kita,” pungkasnya. kbc4

Bagikan artikel ini: