Dukung imbauan tak mudik, Kemenhub batalkan angkutan motor gratis

Senin, 13 April 2020 | 10:21 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan untuk membatalkan program angkutan motor gratis menggunakan kereta api pada tahun ini. Hall ini guna menekan masyarakat yang melakukan mudik di tengah pandemi Covid-19.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Zulmaefendi mengatakan, keputusan itu diambil dalam rangka inisiatif yang dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Angkutan motor gratis yang selama ini setiap tahun kita programkan, tahun ini kita batalkan atau kita tunda," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Minggu (12/4/2020).

Angkutan motor gratis ini merupakan kerjasama antara Ditjen Perkeretaapian dengan PT Kereta Api Indonesia. Tujuannya untuk mengurangi risiko kecelakaan saat mudik berlangsung.

Program ini menyediakan fasilitas untuk 19 ribu motor. Pendaftaran sudah dibuka secara online sejak tanggal 26 Februari hingga 14 Mei 2020 melalui website mudikgratis.dephub.go.id .

Pendaftaran juga bisa langsung dilakukan pada stasiun yang ditunjuk. Sejak tanggal 26 Februari hingga 28 April mendatang. Namun seluruh program itu sudah resmi dibatalkan.

Tidak hanya itu, pemerintah juga tidak menyediakan kereta api tambahan selama musim mudik ini. Alasannya juga sama, untuk menekan arus mudik.

"Untuk KA tambahan Lebaran yang selama ini kita programkan untuk tahun ini kita tiadakan," tegasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: