Ada Emil Dardak, Kadin Surabaya dan Daya Lima gelar webinar bahas strategi bisnis di masa pandemi Covid-19

Selasa, 14 April 2020 | 19:07 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya dan Grup Dayalima menggelar webinar (seminar online) untuk berbagi strategi bagi para pelaku usaha agar tetap survive di tengah pandemi virus corona (Covid-19) yang membuat kondisi perekonomian semakin sulit.

Ketua Kadin Surabaya M. Ali Affandi mengatakan, 2020 menjadi tahun yang sungguh berat bagi para pelaku usaha. Belum usai dampak perang dagang Amerika Serikat melawan Tiongkok hingga perlambatan ekonomi global, muncul pandemi Covid-19 yang membuat ekonomi seluruh dunia nyaris lumpuh.

”Semua lembaga internasional, dari IMF sampai Bank Dunia, pengamat ekonomi di seluruh dunia sudah sepakat dunia akan memasuki resesi. Dampak ekonomi wabah Covid-19 ini diprediksi lebih suram dari krisis keuangan 2008,” ujar Andi, sapaan akrab Ali Affandi.

Wabah Covid-19 jjuga membuat aktivitas ekspor-impor  tersendat, daya beli masyarakat melorot, yang kemudian menyebabkan banyak perusahaan merugi dan terancam mem-PHK pekerjanya. Belum lagi anjloknya harga minyak dunia dan kepanikan di pasar uang yang  membuat  nilai  tukar  rupiah  sempat  jatuh  hampir menembus  Rp  17.000  per  dolar  Amerika  Serikat.

Adapun di bursa saham, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sempat anjlok bahkan hingga di bawah level 4.000, kendati kini mulai kembali merangkak naik.

”Dalam situasi sulit ini, para pelaku usaha dituntut untuk bertahan. Ini bukan hanya terkait nasib pelaku usaha, tapi pebisnis harus bertahan demi terus menggerakkan ekonomi, demi nasib pekerja dan keluarga, demi nasib orang-orang yang berada di mata rantai bisnis,” ujar Andi.

Untuk berbagi inspirasi dan strategi itulah, Kadin Surabaya dan Dayalima bakal menggelar webinar pada Kamis, 16 April 2020, pukul 14.00-16.00 WIB. Bakal hadir sebagai pembicara Wagub Jatim Emil Dardak, Ketua Kadin Surabaya M. Ali Affandi, dan CEO Daya Qarsa Apung Sumengkar. Tema webinar-nya adalah "Managing Day After Tomorrow". 

”Akan dibeberkan tiga hal penting yang perlu dilakukan dunia usaha. Untuk lebih detilnya, teman-teman pelaku usaha dan siapa pun yang berminat bisa mendaftar melalui shorturl.at/glKMV. Platform yang akan digunakan nanti Zoom,” ujarnya.

Webinar tersebut, sambung Andi, gratis, namun terbatas untuk 80 orang.

”Nantinya Pak Emil Dardak akan membahas bagaimana program Pemprov Jatim dalam pemulihan ekonomi daerah ke depan. Juga ada Pak Apung Sumengkar yang dikenal sebagai konsultan transformasi bisnis holistik, beliau berkarir belasan tahun di perusahaan-perusahaan konsultan ternama dunia, seperti McKinsey, Deloitte, PZ Cussons, Unilever, dan Toyota,” pungkas Andi. kbc9

Bagikan artikel ini: