BPS perpanjang batas waktu sensus penduduk online hingga 31 Mei 2020

Rabu, 15 April 2020 | 17:29 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Badan Pusat Statistik (BPS) memutuskan untuk memperpanjang kembali batas pengisian sensus penduduk (SP) online atau melalui sensus.bps.go.id menjadi 31 Mei 2020.

Hal ini karena adanya pandemi virus corona atau Covid-19 di Indonesia. Sebelumnya, batas pengisian SP online adalah 31 Maret 2020.

"Memang pada awalnya dari 15 Februari 2020 sampai akhir Maret 2020, pada akhir-akhir penutupan traffic sangat tinggi karena banyak sekali yang melakukan survei online," ujar Kepala BPS Suhariyanto melalui video conference, Rabu (15/4/2020).

Sementara itu hingga Selasa (14/4/2020), BPS mencatat sudah ada 38,84 juta orang yang telah mendaftarkan diri lewat SP online.

Menurut catatan BPS, jumlah tersebut meningkat 530 ribu dari jumlah penduduk yang telah mendaftarkan diri pada hari sebelumnya, yang sebesar 383,31 juta.

Suhariyanto memang mengamini bahwa minat penduduk untuk mengikuti SP online meningkat. Bahkan, pada akhir Maret 2020 lalu, dikatakan traffic-nya sangat tinggi dan sempat mengakibatkan traffic jam pada situs sensus.bps.go.id.

"Kami minta maaf karena agak jam, tapi sekarang sudah kita perluas bandwidth-nya. Perkembangannya kami harap akan menggembirakan," kata Suhariyanto.

Orang nomor satu di BPS tersebut juga mengucapkan rasa terima kasih terhadap masyarakat yang telah berpartisipasi dalam SP online tersebut. Ia pun mengajak masyarakat yang belum mendaftar lewat SP online bisa segera mencatatkan diri. 

"Bagi yang belum, saya imbau mari bersama-sama mencatat Indonesia dari rumah saja," tandasnya. 

Sebagai tambahan informasi, langkah-langkah untuk melakukan SP online yaitu:

  1. Masuk laman sensus.bps.go.id
  2. Memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK)
  3. Klik kotak kosong pada Captcha dan pilih "Cek Keberadaan"
  4. Masuk ke akses SPO dengan membuat kata sandi terlebih dahulu dan klik "Masuk"
  5. Baca panduan terkait SPO dan pilih "Mulai Mengisi"
  6. Pilih bahasa yang dikuasai
  7. Mengikuti petunjuk yang ada dan menjawab seluruh pertanyaan yang tersedia dengan jujur
  8. Setelah selesai, klik tombol "kirim"
  9. Mengunduh atau mengirim bukti pengisian ke e-mail pribadi dengan mengisi alamat e-mail.

SP online ini berisi 22 pertanyaan. Sebanyak 14 pertanyaan di antaranya merupakan pertanyaan terkait data diri penduduk seperti nama, alamat, tempat tinggal, pekerjaan, dan lain-lain. kbc10

Bagikan artikel ini: