Dorna kaji gelar MotoGP 2020 tanpa penonton, ini persiapannya

Minggu, 19 April 2020 | 14:37 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pandemi virus corona atau Covid-19 ikut mempengaruhi jadwal ajang balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP 2020.

Seri perdana MotoGP 2020 seharusnya dihelat di Sirkuit Losail Qatar pada awal Maret silam terpaksa dibatalkan dan hanya menggelar balapan Moto2 dan Moto3.

Kabar terbaru, MotoGP Italia dan Catalunya resmi ditunda dengan alasan yang sama. Dengan demikian, sudah ada lima seri MotoGP 2020 yang dibatalkan/ditunda.

Dorna Sport selaku promotor MotoGP, kini tengah mempersiapkan skenario balapan tertutup jika menggelar balapan dengan penonton tidak memungkinkan. Setiap tim MotoGP pun telah mendapat surat email yang berisi pemberitahuan terkait rencana menggelar balapan tertutup.

"Dalam skenario yang sekarang kami renungkan, akan ada balapan tertutup dengan kemungkinan beberapa personel tim berada di sirkuit," ucap CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta seperti dikutip dari Crash.

Namun, ada syarat yang harus ditaati para pebalap dan staf tim, dan pelaku MotoGP, yakni melakukan tes Covid-19 sebelum dan sesudah balapan.

"Kami telah menugaskan Bridgepoint melakukan 10.000 tes virus corona, untuk menguji seluruh keluarga MotoGP sebelum dan sesudah balapan," tutur Ezpeleta.

Perkiraan sebelumnya menunjukkan, total ada sekitar 1.000 staf inti yang masih akan diperlukan untuk menggelar balapan tertutup.

Sejauh ini, MotoGP Jerman yang akan dilaksanakan di Sirkuit Sachsenring, 21 Juni mendatang, dijadwalkan menjadi seri pembuka MotoGP 2020.

Seri selanjutnya adalah MotoGP Belanda yang bakal dihelat di Sirkuit Assen, 28 Juni mendatang. Namun, pihak Dorna belum memutuskan MotoGP Jerman dan MotoGP Belanda bakal digelar secara tertutup.

"Pada 27 April, kami akan berbicara dengan Jerman dan Belanda untuk memutuskan skenario balapan pada akhir Juni," ucap Ezpeleta.

"Kemudian yang berikutnya di Finlandia, Juli, tetapi itu masih rumit. Skenario yang paling optimistis akan dimulai di Jerman, tetapi itu sulit, kami harus menunggu," tutur Ezpeleta.

Berikut jadwal MotoGP 2020 terbaru:

MotoGP Qatar (8 Maret, hanya Moto2 dan Moto3)

MotoGP Spanyol (3 Mei, ditunda)

MotoGP Prancis (17 Mei, ditunda)

MotoGP Italia (31 Mei, ditunda)

MotoGP Catalunya (7 Juni, ditunda)

MotoGP Jerman (21 Juni, diragukan)

MotoGP Belanda (28 Juni, diragukan)

MotoGP Finlandia (12 Juli, diragukan)

MotoGP Ceko (9 Agustus)

MotoGP Austria (16 Agustus)

MotoGP Inggris (30 Agustus)

MotoGP San Marino (13 September)

MotoGP Aragon (27 September, dimajukan untuk GP Thailand) MotoGP Thailand (4 Oktober, ditunda dari 22 Maret)

MotoGP Jepang (18 Oktober)

MotoGP Australia (25 Oktober)

MotoGP Malaysia (1 November)

MotoGP Americas (15 November, ditunda dari 5 April)

MotoGP Argentina (22 November, ditunda dari 19 April)

MotoGP Valencia (29 November, dimundurkan untuk GP Americas dan Argentina).

kbc10

Bagikan artikel ini: