IMF prediksi penurunan ekonomi dunia 2020 terburuk sejak 1930

Senin, 20 April 2020 | 10:04 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Dana Moneter Internasional (IMF) memprediksi ekonomi global mengalami penyusutan sebesar 3 persen pada tahun ini akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Penyusutan ini bahkan bisa dibilang terbesar dalam beberapa dekade terakhir.

Seperti dikutip dari BBC, Minggu (19/4/2020), IMF menggambarkan penurunan ekonomi ini sebagai yang terburuk sejak Depresi Besar (resesi berkepanjangan) pada 1930-an. Mereka menyatakan pandemi ini telah mendorong dunia ke dalam krisis yang belum pernah ada sebelumnya.

Ekonom IMF, Gita Gopinath mengatakan, krisis ini bisa menghabiskan USD9 triliun GDP global selama dua tahun. IMF juga menambahkan wabah berkepanjangan akan menguji kemampuan negara-negara di dunia dan bank sentral dalam mengendalikan krisis.

Gopinath mengatakan untuk pertama kalinya sejak Depresi Besar, baik negara maju dan negara berkembang. Seluruh negara diperkirakan akan sama-sama memasuki resesi ekonomi.

IMF mengingatkan bahwa pertumbuhan di negara-negara maju tidak akan kembali ke tingkat sebelum serangan virus, setidaknya sampai tahun 2022. kbc10

Bagikan artikel ini: