Pertamina jaring beasiswa bagi 280 mahasiswa, berminat?

Senin, 20 April 2020 | 10:22 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pertamina Foundation tengah membuka kesempatan beasiswa bagi 280 mahasiswa yang cerdas, kreatif, peduli lingkungan dan sedang menempuh studi S1/Diploma di kampus mitra. Pemberian beasiswa ini juga diprioritaskan kepada mahasiswa yang terdampak pandemi Covid-19.

“Tahun ini, Pertamina Foundation akan memberikan beasiswa kepada 280 mahasiswa di 25 kampus yang tersebar di seluruh Indonesia, baik jenjang sarjana maupun kejuruan atau diploma.”, ujar Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari, melalui keterangan tertulis, Minggu (19/4/2020).

Menurutnya, penerima beasiswa merupakan generasi pilihan dengan karakter ramah lingkungan, dan aktif sebagai kader gerakan sosial. Sampai saat ini telah ada 1.668 orang alumni penerima beasiswa Pertamina yang terikat dalam perkumpulan komunitas Sobat Bumi Indonesia dengan jaringan yang tersebar luas di seluruh Indonesia. 

Selain memberikan bantuan uang untuk SPP dan biaya hidup per bulan, penerima beasiswa sobat bumi juga akan diikutsertakan dalam kegiatan capacity building dan green action sebagai rangkaian pembelajaran dan pembentukan karakter sobat bumi.

Adapun pendaftaran Beasiswa dibuka serentak di semua perguruan tinggi mitra mulai tanggal 18 April 2020 dengan kuota 280 orang di 25 kampus yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Khusus Tahun 2020, Pertamina Foundation mengalokasikan sebagian kuota penerima beasiswa bagi pendaftar yang terdampak wabah pandemik Covid-19.

Hal tersebut dikarenakan pada tahun 2020 tengah terjadi wabah pandemi Covid-19 yang terus meluas di Indonesia dan belum dapat terprediksi secara akurarat masa berakhirnya wabah tersebut. 

“Kami sangat responsif terhadap penanganan Covid-19, salah satunya memberi kuota khusus bagi mahasiswa terdampak covid. Selain itu, sistem seleksi beasiswa tahun ini dilakukan hanya secara online atau aplikasi berbasis website untuk mengurangi aktifitas diluar rumah,” ungkap Agus.

Beasiswa ini bekerjasama dengan akademisi kampus, pejabat Pertamina dan juga tokoh-tokoh nasional seperti Yayasan Dian Sastro, The Jakarta Pos dan HOPE Indonesia. Proses interview dalam proses seleksi beasiswa akan dilakukan dengan videoconference.

Adapun jenis beasiswa yang tersedia dengan mitra perguruan tinggi tahun 2020 meliputi Beasiswa S-1 Reguler, Beasiswa Vokasi dan Beasiswa Afirmasi Daerah Operasi. 

Jenis Beasiswa Pertamina Sobat Bumi S-1 Reguler hanya berlaku bagi mahasiswa yang berkuliah di kampus mitra Pertamina seperti UGM Yogyakarta, UI Jakarta, ITB Bandung, USU Medan, Unsri Palembang, Universitas Pertamina Jakarta, Undip Semarang, Unair Surabaya, Universitas Brawijaya Malang, Unhas Makassar, Universitas Pattimura Ambon dan Universitas Cendrawasih Jayapura. 

Sedangkan Beasiswa Afirmasi Daerah Operasi Pertamina merupakan sebuah apresiasi bagi putra-putri bangsa yang berkuliah di sekitar area operasi PT Pertamina (Persero), meliputi Rokan-Riau, Tuban Jawa Timur, Balikpapan dan Karawang Jawa Barat.

Kampus yang sudah bermitra untuk jenis beasiswa ini adalah Universitas Riau (Pekanbaru), STAI Tuangku Tambusai (Rokan Hulu), Universitas Pasir Pengaraian (Rokan Hulu), STAI Sulthan Syarif Hasyim Siak (Siak), Universitas Islam Riau (Riau), Universitas PGRI Ronggolawe, Universitas Sunan Bonang (Tuban), Institut Teknologi Kalimantan (Balikpapan), Universitas Balikpapan, STT Migas Balikpapan dan Universitas Singaperbangsa Karawang. 

Pertamina juga mendukung program penciptaan tenaga terampil siap kerja melalui Beasiswa Pertamina Vokasi, yaitu dengan mitra Politeknik Negeri Fak-Fak di Papua Barat dan Politeknik Negeri Kupang di NTT.

Adapun persyaratan dan cara pendaftaran beasiswa ini dapat dilakukan melalui website resmi Pertamina Foundation di laman beasiswa.pertaminafoundation.org. Perkembangan terbaru mengenai Beasiswa juga dapat dilihat di media social resmi Pertamina Foundation.

“Kami berharap mahasiswa di kampus mitra yang memenuhi syarat dapat mendaftar secara online. Kami undang generasi muda cerdas yang siap menerima tantangan untuk menjadi kader pemimin yang membawa Indonesia menang dipercaturan dunia,” pungkas Agus. kbc10

Bagikan artikel ini: