Meski ada pandemi Covid-19, animator RI didorong tampil di Asian Animation Summit 2020

Senin, 20 April 2020 | 14:19 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendorong pelaku ekonomi kreatif khususnya subsektor film dan animasi untuk tetap produktif di tengah pandemi corona (Covid-19).

Salah satunya dengen keikutsertaanya di ajang Asian Animation Summit pitching forum 2020 yang digelar pada 18-20 November 2020 di Bali.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Fadjar Hutomo menjelaskan, Kemenparekraf mengadakan pengajuan terbuka mulai 14 April hingga 9 Juni 2020 untuk menjaring para pembuat animasi untuk tetap produktif dan menciptakan karya-karya yang bisa diterima secara global.

“Kita telah open submission film animasi untuk diikutkan pada acara Asia Submission Sumit (AAS) 2020 yang akan diadakan di Bali pada 18-20 November 2020. Mudah-mudah wabah pademi Covid-19 sudah berakhir dan kita bisa menjalankan acara itu,” kata Fadjar dalam pernyataannya di Jakarta, Minggu (19/4/2020).

Menurut Fadjar, acara tersebut nantinya akan dihadiri oleh animator-animator dunia seperti Walt Disney dan lainnya. Ajang ini menjadi kesempatan para animator Indonesia untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas diri.

“Open submission memang untuk animasi anak-anak. Namun, kami persilahkan untuk para animator-animator lainnya untuk bergabung. Ketika mereka ikut nantinya akan mendapat mentoring dari praktisi luar yang levelnya global, sehingga diharapkan hasilnya nanti bisa match dengan market global,” ujarnya. kbc10

Bagikan artikel ini: