Jika mudik dilarang, ada opsi Kemenhub bakal tutup jalan tol

Selasa, 21 April 2020 | 13:23 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah hingga kini belum memutuskan apakah penyelenggaraan mudik Lebaran tahun ini bisa dilakukan atau tidak, mengingat kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia. Jika pada akhirnya diputuskan dilarang, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun sudah menyiapkan skenarionya.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setyadi mengatakan, jika nanti diputuskan dilarang maka skenarionya melarang seluruh angkutan umum, kendaraan pribadi dan sepeda motor yang mudik.

"Skenarionya melarang angkutan umum. Kalau ada pelarangan (bus) enggak boleh, kendaraan pribadi dan sepeda motor," ujar Budi, dalam telekonferensi, Senin (20/4/2020).

Termasuk juga, lanjut Budi, jalan tol bisa ditutup. Hal ini supaya pengemudi tidak dilakukan. "Ya nanti kalau dilarang akan diberlakukan demikian (penutupan jalan tol)," tuturnya.

Meski demikian, kebijakan ini masih dibahas pemerintah. Di mana sore ini dilakukan rapat bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

"Untuk mudik kita mau ada rapat lagi dengan Pak Menko Maritim. Jadi kemarin diskusi kita dengan yang lain itu kayaknya semakin kuat ya pesan yang dibangun kita akan pelarangan mudik. Rencananya. Tapi tergantung nanti ini kita kan hanya diskusi di bawah eselon satu mungkin kita akan larang mudik sama sekali," tuturnya. kbc10

Bagikan artikel ini: