Desak bunga kartu kredit segera dipangkas, bos BI: Zaman lagi susah

Kamis, 23 April 2020 | 08:46 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan kebijakan terkait penurunan bunga kartu kredit dari 2,5% menjadi 2%. Selain itu pembayaran minimum juga sementara diturunkan menjadi 5% dari sebelumnya 10%.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, bank sentral sudah berdiskusi dengan asosiasi kartu kredit Indonesia (AKKI) terkait penurunan bunga ini.

"Kami bicara, yo kawan-kawan ini lagi zaman susah mari kita turunkan. Kasih kemudahan-kemudahan dalam kartu kredit. Tapi ini bukan ngajarin ngutang loh, inikan zaman lagi susah ya untuk mempermudah pembayaran-pembayaran non tunai," kata Perry dalam video conference, di Jakarta, Rabu (22/4/2020).

Menurut dia, penurunan bunga juga harus dilakukan karena bunga kartu kredit di Indonesia itu tertinggi di seluruh dunia. Sebelumnya bunga kartu kredit 2,25% per bulan dan setahun 27%. Jika diturunkan menjadi 2% per bulan maka satu tahun 24%. 

Perry mengatakan bunga kredit juga memang sudah terus mengalami penurunan sejak 2016 berdasarkan kesepakatan industri. Termasuk minimum pembayaran. 

"Jadi sekali lagi, kawan-kawan industri yang menaruh kepedulian sosial, sambil memperluas, mempermudah kelancaran transaksi pembayaran virtual, digital dan sejalan dengan visi BI yang sudah ada di blue print sistem pembayaran 2025," ujarnya. kbc10

Bagikan artikel ini: