Bayar refund tiket dengan uang tunai, Lion Air: Asal mengikuti ketentuan

Kamis, 23 April 2020 | 08:58 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Manajemen Lion Air Group akhirnya mengklarifikasi pemberitaan tentang proses pengembalian dana dari tiket yang sudah dibeli (refund) dari 44 calon tamu atau penumpang.

Berdasarkan data adal 42 calon penumpang yang membeli tiket dari Acinzas Tour - agen perjalanan (tourand travel) di Semarang, Jawa Tengah untuk rute keberangkatan Banda Aceh melalui Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar (BTJ) ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK).

Semua penerbangan ini terbagi dalam delapan kode pemesanan (booking code/ passenger name record), terdiri dari empat booking code untuk penerbangan Lion Air pada 12 April 2020 dan empat pada penerbangan Batik Air pada 13 April 2020.

Lion Air Group menerima informasi bahwa calon penumpang dimaksud telah mengajukan permohonan proses refund dua minggu sebelum keberangkatan ke pihak tour travel. Namun, hingga pernyataan media ini disampaikan, Lion Air Group baru menerima berkas pengajuan refund dari travel agent pada 9 April 2020.

"Lion Air Group memfasilitasi refund berbentuk voucher (senilai 100 persen sesuai tarif tiket) tersebut. Hal ini sebagai upaya Lion Air Group dalam mempermudah calon penumpang untuk dapat bepergian di kemudian hari," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangannya, Rabu (22/4/2020).

Pemberian voucher merupakan salah satu pilihan (opsi) kepada calon penumpang dalam kondisi force majeure seperti saat ini karena wabah corona virus disease (Covid-19).

Voucher dinilai akan mempercepat proses layanan refund karena ketika pengajuan, calon penumpang akan mendapatkan kode voucher. Lion Air Group menyampaikan, bahwa voucher dapat digunakan untuk periode terbang kapanpun.

"Apabila calon penumpang akan mengubah refund dari voucher menjadi uang tunai, maka akan mengikuti ketentuan refund force majeure," tandas Danang.

Lion Air Group menyampaikan, bahwa tetap memberikan layanan pengembalian dana dalam bentuk tunai sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Manajemen Lion Air Group juga menyatakan patuh dan menjalankan kebijakan regulator dan standar prosedur operasi perusahaan serta ketentuan internasional. kbc10

Bagikan artikel ini: