Kebutuhan meningkat, Facebook rilis fitur konferensi video

Sabtu, 25 April 2020 | 11:45 WIB ET

SAN FRANCISCO, kabarbisnis.com: Tingginya kebutuhan akan pertemuan virtual melalui obrolan video sejak pandemi virus corona (Covid-19) mendasari Facebook Inc ikut bersaing dalam menyiapkan alat konferensi video dan memperluas fitur streaming langsung.

Alat konferensi video, Messenger Rooms, akan memungkinkan sebanyak 50 orang untuk berpartisipasi, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. Messenger Rooms akan menampilkan tata letak pengguna berupa kotak ubin hingga 16 di desktop dan 8 pada seluler, menyerupai desain yang ditawarkan oleh pesaing Zoom.

Pengguna Facebook akan dapat berbagi tautan yang memungkinkan non-pengguna untuk bergabung melalui browser web di desktop dan seluler, menghilangkan persyaratan untuk mengunduh aplikasi atau membuat akun seperti pada layanan lain.

Dengan peluncuran itu, Facebook meramaikan persaingan bidang konferensi video dan berusaha mendominasi pasar ketika jutaan orang terkunci di rumah. Saat ini seluruh dunia bergantung pada alat konferensi video untuk pekerjaan, sekolah, dan kehidupan sosial.

Sebelumnya, Microsoft Corp, Zoom Video Communications, Cisco Systems Inc dan Alphabet's Google telah meluncurkan pembaruan alat pertemuan video mereka sambil melaporkan pertumbuhan rekor sejak penguncian dimulai. Pada hari Selasa, Microsoft memperkenalkan "Meet Now" baru untuk Skype yang dapat mengakomodasi pertemuan video hingga 50 orang tanpa mengunduh aplikasi apa pun. kbc10

Bagikan artikel ini: