Mudik dilarang, KAI operasikan KA lokal dan batalkan 800 ribu tiket

Senin, 27 April 2020 | 05:56 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memutuskan untuk mengoperasikan kereta lokal menyusul diterbitkannya Permenhub No. 25/2020 tentang pengendalian transportasi selama mudik Idulfitri.

Plt. VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, secara total ada 78 perjalanan kereta lokal yang masih beroperasional, diantaranya Batara Kresna sebanyak 4 perjalanan, Dhoho sebanyak 8 perjalanan, Eko Lokal Bandung Raya sebanyak 21 perjalanan, Ekonomi lokal sebanyak 8 perjalanan, KA perintis sebanyak  8 perjalanan, lokal Cibatu sebanyak 5 perjalanan, penataran sebanyak 7 perjalanan, pramek sebanyak 8 perjalanan, Sri Lelawangsa sebanyak 8 perjalanan, dan Tumapel sebanyak 1 perjalanan.

"Hanya Kereta Lokal yang beroperasi, sedangkan semua perjalanan KA Jarak Jauh sudah dihentikan sementara perjalanannya. Tentu tidak ada lagi penjualan tiket untuk KA Jarak Jauh tersebut," jelasnya, Minggu (26/4/2020).

Hingga kini, lanjut Joni, KAI sudah melakukan pelayanan transaksi pembatalan sekitar 800.000 tiket yang berjalan tertib serta lancar. Operator pelat merah tersebut mendukung sepenuhnya upaya pemerintah dalam penanganan dan penanggulangan Covid-19.

Berdasarkan Permenhub No. 25/2020, larangan sementara penggunaan sarana transportasi perkeretaapian berlaku untuk perjalanan kereta api antarkota dan perjalanan kereta api perkotaan.

Larangan sementara perjalanan kereta api antarkota dilaksanakan dengan ketentuan pembatalan perjalanan kereta api antarkota untuk angkutan penumpang. Larangan tersebut dikecualikan terhadap kereta api antarkota untuk angkutan barang yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Larangan sementara perjalanan kereta api perkotaan dilaksanakan dengan ketentuan yakni pembatalan perjalanan kereta api perkotaan untuk angkutan penumpang yang masuk atau keluar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Kemudian, perjalanan kereta api perkotaan untuk angkutan penumpang selain di atas diberlakukan pengaturan pembatasan sosial berskala besar di wilayah tersebut.

Terakhir, perjalanan kereta api perkotaan untuk angkutan penumpang kereta rel listrik Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi,diberlakukan pengaturan pembatasan sosial berskala besar di wilayah tersebut.

Penyelenggara sarana transportasi perkeretaapian wajib mengembalikan biaya tiket secara penuh atau 100 persen kepada calon penumpang yang telah membeli tiket untuk perjalanan kereta api antarkota yang dibatalkan. kbc10

Bagikan artikel ini: