Dahsyat! Facebook Presiden Jokowi masuk enam besar pemimpin dunia paling disukai

Selasa, 28 April 2020 | 13:07 WIB ET

JAKARTA - Firma komunikasi global, BCW (Burson Cohn & Wolfe) bersama Twiplomacy melakukan riset berjudul "World Leaders on Facebook 2020" untuk melihat bagaimana para pemimpin dunia, pemerintah dan organisasi internasional berkomunikasi melalui media sosial Facebook.

Akun media sosial Facebook milik Presiden Jokowi masuk dalam peringkat enam besar pemimpin dunia yang paling banyak disukai. Akun Facebook Presiden Jokowi memiliki 9,8 juta pengikut dengan pertumbuhan 9,1 persen dari tahun lalu.

Popularitas akun Facebook Presiden Jokowi berada di bawah Perdana Menteri India, Narendra Modi, yang menjadi pemimpin dunia paling populer di Facebook, dengan lebih dari 44,7 juta pengikut di halaman pribadinya dan 13,7 juta suka di halaman institusional Perdana Menteri India, yang berada di posisi keempat.

Akun Facebook Jokowi juga masuk dalam kategori paling aktif di Facebook. Untuk kategori ini, posisi akun Jokowi berada di peringkat keempat, kalah dari PM India Narendra Modi, Presiden Brasil Jair Bolsonaro, dan Presiden AS Donald Trump.

Dalam setahun terakhir, akun Facebook Jokowi memiliki jumlah interaksi mencapai 74 juta dengan interaction rate 1 persen. Interaksi di sini didefinisikan sebagai jumlah total suka dalam posting, komentar dan postingan yang dibagikan.

Riset ini menganalisis aktivitas 721 halaman Facebook kepala negara dan pemerintah, serta menteri luar negeri. Data dikumpulkan pada 1 Maret 2020, menggunakan alat milik BCW, Crowdtangle.com dan Klear.com untuk menangkap data historis untuk semua 721 halaman termasuk total interaksi (komentar, like, share), tingkat interaksi serta semua penayangan video dan postingan dari 1 Maret 2019 hingga 29 Februari 2020. kbc10

Bagikan artikel ini: