Pemerintah siapkan bantuan kredit modal kerja bagi UMKM

Kamis, 30 April 2020 | 05:52 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) menjadi sektor yang ikut terdampak pandemi Covid-19. Oleh karenanya, pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal memberikan stimulus berupa relaksasi kredit modal kerja kepada UMKM.

"Mengenai bantuan modal kerja yang telah disampaikan Menko, kita akan mengidentifikasi berdasarkan perbankan bahwa kredit UMKM yang mendapat restrukturisasi. Mereka dalam waktu dekat mungkin akan butuh modal kerja untuk mulai aktivitasnya, estimasi berapa kebutuhan akan dilihat dari outstanding kredit dan berapa banyak mereka akan memulai kebutuhan modal kerja," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Rabu (29/4/2020).

Menurutnya, pemerintah akan membiayai kredit UMKM maupun usaha kredit mikro yang tercatat di Bank Prekreditan Rakyat (BPR), perbankan maupun perusahaan pembiayaan kredit. Adapun kredit yang bakal ditangguhkan pemerintah selama 6 bulan dalam membantu keuangan UMKM yang terdampak corona. 

Tercatat di BPR 1,62 juta debitur sedangkan yang diperbankan ada 20,02 juta debitur dan perusahaan pembiayaan yang membeli kredit motor roda 26,76 juta. Selanjutnya UKM di bawah 500 juta di perbankan atau pembiayaan ini akan ditanggung pemerintah selama 6 bulan untuk pembiayaan kredit," katanya

Sri Mulyani bilang, bakal membahas dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melihat dari sisi profil risiko kredit UMKM. Nanti akan ada dua yang masuk pertimbangan.

"Sedangkan kebutuhan akan kami hitung. Seperti yang terlihat dalam program penyelamatan covid-19 semuanya bergerak dinamis. Kita lihat banyak program yang dimodifikasi terus, makanya dalam anggaran kami lakukan azas akuntabilitas update kepada masyarakat," pungkas Menkeu. kbc10

Bagikan artikel ini: