Kim Jong Un muncul bersemangat resmikan pabrik pupuk modern Korut

Sabtu, 2 Mei 2020 | 13:46 WIB ET

JAKARTA - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un tampil di depan publik untuk pertama kalinya setelah dispekulasikan mengalami masalah kesehatan. Laporan kantor berita Korea Utara, Korean Central News Agency (KCNA), menyebutkan, Kim hadir dalam seromoni upacara pembukaan pabrik pupuk modern di negara tersebut, pada Jumat (1/5/2020).

"Dalam acara itu, Kim tampak memotong pita dan semua yang hadir memberikan tepuk tangan dan bersorak hore," kata KCNA.

Kim juga memeriksa fasilitas pabrik yang diresmikannya. Dia tampak memberi pengarahan tentang proses produksi.

Kim dengan penuh emosi mengatakan bahwa kakeknya Kim Il Sung dan ayahnya Kim Jong Il akan senang jika mengetahui bahwa pabrik pupuk fosfat modern ini telah dibangun.

Terpisah Presiden AS Donald Trump pada Jumat menolak mengomentari laporan kantor berita negara Korea Utara soal munculnya Kim Jong Un di publik untuk pertamanya kalinya sejak 11 April. "Saya lebih suka tidak mengomentarinya," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih. "Kami akan mengatakan sesuatu tentang itu pada waktu yang tepat."

Kim terakhir muncul di publik saat memimpin rapat politik biro Partai Buruh pada 11 April 2020. Hari berikutnya media pemerintah melaporkan Kim memeriksa jet tempur di unit pertahanan udara.

Dugaan masalah kesehatannya muncul sejak ketidakhadirannya pada perayaan ulang tahun kakeknya Kim Il Sung, pendiri Korea Utara pada 15 April. kbc9

Bagikan artikel ini: