Apple dan Google mulai uji versi awal pelacak Covid-19

Senin, 4 Mei 2020 | 12:48 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perusahaan-perusahaan raksasa ikut melibatkan diri dalam penanganan pandemi virus corona (Covid-19). Kali ini, Apple dan Google bersatu-padu membantu lembaga kesehatan melacak penyebaran Covid-19. 

Dua perusahaan raksasa teknologi ini bakal merilis versi awal dari teknologi yang mereka usulkan untuk memperlambat penyebaran virus corona kepada pengembang terpilih untuk mulai pengujian.

Kolaborasi langka yang dimulai sejak awal bulan ini menciptakan teknologi pelacakan kontak guna memperlambat penyebaran Covid-19 dengan cara memungkinkan pengguna mendeteksi ponsel lain yang berada di sekitarnya. Demikian seperti dilansir dari The Verge.

Perusahaan akan memberikan versi awal API pemberitahuan paparan mereka ke sejumlah kecil pengembang yang bekerja pada aplikasi untuk organisasi kesehatan masyarakat dan mengujinya selama beberapa minggu ke depan. API diharapkan akan dirilis secara lebih luas pada pertengahan Mei. 

Lewat Bluetooth akan melacak potensi paparan pada kasus Covid-19 yang telah dikonfirmasi. Smartphone akan merekam keadaan ketika mereka dekat dengan ponsel lain untuk jangka waktu yang lama tanpa merekam data lokasi. 

Ketika seseorang didiagnosis dengan Covid-19, API akan memungkinkan lembaga kesehatan terkait untuk dengan cepat memberi tahu orang lain yang mungkin telah berhubungan dengan pasien, berdasarkan data yang tersimpan di ponsel mereka. kbc10

Bagikan artikel ini: