Kominfo pastikan data keuangan pengguna dan akun Tokopedia aman

Senin, 4 Mei 2020 | 21:23 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Plate mengungkapkan kebocoran data 91 juta pengguna Tokopedia menyebabkan nama, nomor ponsel dan email sudah juga sudah dibobol.

Namun, Tokopedia menjamin data keuangan dan akun pengguna aman.Hal ini merupakan hasil rapat virtual yang dilakukan Kementerian Kominfo, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan manajemen Tokopedia yang diselenggarakan Selasa (4/5/2020).

"Tokopedia menyatakan data-data keuangan dan akun pelanggan aman. Tadi disampaikan [Tokopedia] security systemnya belum bisa diterobos. Walaupun yang data yang berkaitan dengan nama, email, nomor telepon barang kali sebagiannya saja sudah diambil peretas, tetapi data keuangan dan akun pelanggan tetap aman dan tokopedia soal sedang melakukan evaluasi secara mendalam," ujar Johnny.

Johnny menambahkan pihaknya akan menyampaikan kabar terbaru setelah tim yang terdiri dari Kominfo, BSSN, dan Tokopedia selesai melalukukan evaluasi teknis."Kominfo dan BSSN dan tokopedia secara serius akan melakukan evaluasi, penyelidikan, mitigasi teknis dan akan melakkan update perkembangannya," terangnya.

Sebelumnya, ramai di media sosial soal aksi peretas yang menjual 91 juta data pengguna Tokopedia di Dark Web seharga US$5.000. Ia mengklaim melakukan peretasan pada Maret 2020.

Manajemen Tokopedia mengakui adanya upaya pencurian data pengguna Tokopedia namun informasi penting seperti password tetap berhasil terlindungi."Meskipun password dan informasi krusial pengguna tetap terlindungi di balik enkripsi, kami anjurkan pengguna Tokopedia untuk tetap mengganti password akunnya secara berkala demi keamanan dan kenyamanan," ujar VP of Corporate Communication Tokopedia Nuraini Razak.

Nuraini menambahkan Tokopedia menerapkan keamanan berlapis, termasuk dengan OTP yang hanya dapat diakses secara real time oleh pemilik akun. Mereka pun selalu mengedukasi seluruh pengguna untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapapun dan untuk alasan apapun.

"Tokopedia memastikan tidak ada kebocoran data pembayaran. Seluruh transaksi dengan semua metode pembayaran, termasuk informasi kartu debit, kartu kredit dan OVO di Tokopedia tetap terjaga keamanannya," ujar Nuraini Razak.kbc11

Bagikan artikel ini: