Begini cara naikkan follower Instagram tanpa bantuan aplikasi!

Selasa, 5 Mei 2020 | 13:20 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Saat ini, Instagram telah menjadi salah satu jejaring sosial yang banyak diminati. Salah satu alasannya, Instagram menawarkan banyak fitur seperti berbagi gambar dan video, Story, hingga video panjang di IGTV.

Banyak yang ingin eksis di Instagram bukan karena mencari ketenaran, melainkan ingin menjadi influencer untuk mempromosikan sesuatu yang dapat menghasilkan uang. Karena banyak yang ingin eksis di Instagram, akhirnya mulai banyak jasa-jasa beli follower atau jasa bot untuk menyebarkan popularitas suatu akun.

Namun menggunakan follower palsu tidak akan efektif, karena yang lebih penting adalah engagement, bukan semata jumlah follower. Penggunaan bot pun dapat berpotensi seseorang terkena hukuman dari Instagram.

Bagaimana cara-cara meningkatkan follower yang tepat di Instagram? Berikut ini rangkumannya sebagaimana dikutip dari Prague Post.

1. Cari Target Spesifik

Jangan bernafsu untuk mencari follower sebanyak mungkin. Terutama jangan mencari sensasi secara negatif demi mendapat perhatian warganet.

Cobalah pelan-pelan mencari target yang lebih spesifik, cari sekelompok orang yang memiliki minat atau ketertarikan dengan Anda. Contoh dalam hal sepak bola, tenis, musik jazz, K-Pop, film Prancis, dan sebagainya.

Mulailah mencari jaringan di audiens yang spesifik terlebih dahulu, setelah mantap barulah menuju komunitas yang lebih besar.

2. Tampilkan Kesan yang Kuat

Kesan yang baik dimulai dari foto profil. Lalu, setelah foto profil apa lagi? Apakah dengan mengirimkan selfie yang banyak?

Jangan kebanyakan selfie. Cobalah menuliskan hal-hal lain yang mencerminkan kepribadian atau konten Anda. Misal, tulis sesuatu yang menarik dan kreatif di bio, atau mungkin bisa juga di kolom caption untuk mendeskripsikan konten Anda dengan menarik.

Tujuannya adalah agar para follower bisa mengenal konten yang Anda miliki. Konsistensi juga penting. Janganlah secara mendadak mengganti tema konten karena dapat membuat follower menjauh.

3. Gunakan Tagar dengan Cermat

Jangan hanya menggunakan tagar basi seperti #likeforlike, cobalah lebih kreatif dalam memakai tagar. Pikirkan apa yang ingin calon follower temukan dalam konten Instagram Anda.

Contoh, bila konten Anda tentang novel, tuliskan tagar berupa nama si novelis, judul buku, penerbit, atau nama karakter. Bila konten Anda tentang musik, tuliskan tagar instrumen yang Anda mainkan atau genre kesukaan Anda.

Jangan lupa memperhatikan tagar yang sedang dibahas di bidang sosial atau politik. Menggunakan tagar dengan benar dapat membuat Anda tetap relevan dan mencegah situasi stagnan.

4. Promosikan Konten Orang Lain

Ada banyak sekali orang-orang berbakat di Instagram, dan mereka juga mencari audiens. Cobalah berbagi konten buatan orang lain agar bisa saling promosi.

Cara tersebut bisa dilakukan lewat semacam kontes dengan meminta pengguna lain mengepos sebuah foto dengan tagar tertentu untuk Anda promosikan.

Bila Anda ingin membagikan konten keren milik pengguna Instagram lain, jangan lupa untuk meminta izin terlebih dulu, dan jangan sampai lupa memberikan credit untuk orang yang kontennya Anda bagikan.

5. Jalin Komunikasi dengan Follower

Jangan hanya ingin dikomentari dan diberikan like, cobalah Anda berikan hal yang sama untuk orang-orang yang menjadi follower.

Coba berikan kata-kata yang suportif pada konten mereka, dan jangan hanya membalas dengan kata-kata yang basi. Tidak perlu pula pelit membalas komentar, apalagi kalau follower masih sedikit.

6. Kerja Sama dengan Influencer Baru

Kerap ada orang yang tidak sabar ingin terkenal dan melakukan panjat sosial dengan mencari perhatian akun influencer yang sudah terkenal.

Maka cobalah jalin komunikasi dengan influencer yang follower-nya masih sedikit untuk berkembang bersama-sama.

Hal itu lebih baik ketimbang menghabiskan dana dan waktu untuk menjalin hubungan dengan influencer yang sudah terkenal.

7. Beri Shout-Out

Bantulah menyebarkan influencer lain dengan melakukan shout-out alias promosi akun-akun lain. Lakukan hal tersebut secara bergantian agar Anda juga bisa di shout-out sehingga bisa saling mengekspos satu sama lain ke follower yang dimiliki. kbc10

Bagikan artikel ini: