Dua perusahaan pelat merah siap bikin obat untuk pasien Covid-19

Rabu, 6 Mei 2020 | 18:01 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Dua perusahaan farmasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Kimia Farma Tbk dan PT Indofarma bakal memproduksi 3 jenis obat-obatan untuk perawatan pasien Covid-19. 

Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin mengatakan, obat-obatan tersebut diantaranya antiviral, antibiotik dan juga anti inflamasi. Hal tersebut menyusul adanya pasokan bahan baku dari China yang diangkut oleh Garuda Indonesia.

"Untuk antiviral kita sudah memproduksi oseltamivir, memang kita sempat kesulitan bahan baku karena masih impor dari India dan Cina tapi kami sempat bekerjasama dengan Garuda mengirim pesawat charter membawa oseltamivir sehingga obat itu sudah cukup diproduksi Kimia Farma dan Indofarma," ujarnya dalam rapat virtual, Selasa (5/5/2020).

Menurut Budi pada awalnnya memang perusahaan farmasi tersebut kesulitan untuk mendapatkan bahan baku. Mengingat, pihaknya masih harus melakukan impor bahan baku dari India dan China yang saat itu kondisinya sedang Lock Down.

"Kita sempat kesulitan bahan baku karena masih impor dari India dan Cina tapi kami sempat bekerjasama dengan Garuda mengirim pesawat charter membawa oseltamivir," ucapnya.

Mantan Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) ini menjelaskan, kedua perusahaan BUMN itu juga sebenarnya telah memproduksi chloroquine serta azhitromycin. Kedua obat tersebut merupakan obat antibiotik dan anti inflamasi dalam jumlah yang cukup banyak.

"Dan siap kami distribusikan ke seluruh rumah sakit Indonesia," kata Budi. kbc10

Bagikan artikel ini: